Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Purworejo – PlayStation 1 atau PS1 sekarang sudah berumur 25 tahun, namun game-gamenya akan terus dikenang hingga sekarang. Walau PS1 rilis pada tahun 1994 di Jepang dan secara worldwide pada tahun 1995, PS1 baru mulai booming pada akhir tahun ’90-an hingga awal 2000-an di Indonesia.

Boomingnya PS1 di Indonesia juga tidak dipungkiri dengan banyaknya rental PS yang bermunculan. Bermain PS1 di rentalan punya rasa tersendiri yang berbeda dengan bermain sendiri di rumah. Faktor ekonomi turut membuat anak-anak pada masa itu berbondong-bondong datang ke rental PS untuk bermain PS1 atau malah hanya sekedar melihat saja.

Rental PS biasanya menyediakan banyak kaset game PS1 mengingat pada masa itu masih maraknya pembajakan sehingga kaset game PS1 mudah didapatkan dengan harga yang murah.

Namun dari sekian banyaknya game, hanya beberapa game yang menjadi pilihan dan paling ramai dimainkan pada saat itu. Bahkan saking seringnya dimainkan, terkadang anak-anak pada masa itu hingga hafal dengan gamenya. Lantas game apa sajakah itu? Simak list berikut ini.

10. Metal Slug

Game yang satu merupakan game adventure side scrolling yang banyak dimainkan pada waktu itu, bahkan hingga sekarang. Kita bertugas untuk menghabisi musuh dengan berbagai senjata hingga akhir stage. Lawannya juga bervariasi dari tentara biasa hingga tank dan helikopter.

Tidak hanya itu, kita bisa bermain coop dengan teman kita sehingga akan menambah keseruan dalam bermain.

9. Twisted Metal

Twisted Metal adalah game yang bergenre vehicular combat atau gampangnya game pertempuran mobil. Game ini banyak dimainkan karena gameplay yang ga bikin cepat bosan.

Sweet Thooth, karakter ini pasti kalian kenal apabila memainkan game ini. Karakter ikonik berwajah badut dengan rambut yang terbakar yang mengendarai mobil es krim. Selain itu ada Calypso yaitu pencipta kontes Twisted Metalnya sendiri yang pasti akan menambah keseruan bermain game ini.

8. Gran Turismo

Kalau berbicara tentang game simulasi balap, yang paling kita kenal adalah Gran Turismo. Yang membuat menarik dari game ini adalah hadirnya mobil-mobil yang berlisensi di dunia nyata dan kita pun dituntut untuk mendapatkan SIM terlebih dahulu sebelum mengendarai mobilnya.

Sampai sekarang game ini masih banyak dimainkan dan masih akan terus dirilis di PS5 nanti.

7. Harvest Moon: Back to Nature

Kalau kalian yang suka dengan simulasi pertanian dan kehidupan pasti akan kenal dengan game Harvest Moon: Back to Nature ini. Game legendaris ini sangat seru dimainkan karena kita bisa bertani, sosialisasi dengan penduduk lain, menikah bahkan sampai punya anak.

Dengan begitu kompleksnya game ini, tidak heran banyak yang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkan game ini.

6. Super Shoot Soccer

Kalau game bola biasanya akan membuat permainan menjadi serealistis mungkin, tapi tidak dengan game ini. Di game ini kita bisa mengeluarkan jurus layaknya di film Shaolin Soccer. Setiap negara akan mempunyai jurusnya masing masing yang dapat kita gunakan dalam pertandingan. Konyol bukan?

Tapi dengan kekonyolannya ini malah membuat banyak orang yang memainkan game Super Shoot Soccer ini. Sayangnya di masa sekarang tidak banyak game yang seperti ini, bahkan Super Shoot Soccer ini hanya tersedia PS1 saja dan tidak ada penerusnya.

5. WWF Smackdown 2: Know Your Role!

Untuk game yang satu ini saya rasa kalian juga sudah tahu. Smackdown dulu dikenal karena sering tayang di televisi. Berawal dari situlah saat gamenya muncul, banyak yang akhirnya memainkan game ini.

Bermain smackdown akan ada rasa greget tersendiri kalau kita berhasil membanting ataupun memukul lawan. Atau bahkan pelampiasan kita karena gak bisa kita lakukan di dunia nyata.

4. Pepsi Man

Pepsi Man adalah game endless runner yang menjadi pionir dari game endless runner sekarang seperti Subway Surf. Dalam game ini kita akan bermain sebagai manusia Pepsi yang akan berlari melewati rintangan sambil memberikan minuman Pepsi kepada orang yang kehausan.

Dengan gameplay yang simple, banyak orang yang malah menyukai game ini.

3. Nascar Rumble

“KMZWA8Q1AA”, masih ingatkah kalian dengan kode tersebut? Ya, ini adalah kode cheat untuk membuka semua konten dalam game Nascar Rumble. Game balapan yang satu ini sangat populer pada waktu itu. Bukan seperti game balap biasanya, dalam lintasan nantinya akan ada power-up yang bisa digunakan untuk mengganggu mobil lawan agar kalah seperti angin tornado, petir, es dan lain-lain.

2. Crash Bandicoot dan Crash Team Racing

Crash Bandicoot adalah game yang dikembangkan Naughty Dogs yang dirilis pada tahun 1996. Game adventure ini menceritakan Crash yang ingin menghentikan Dr. Neo Cortex untuk menguasai dunia.

Nah kalau Crash Team Racing (CTR) adalah game balapan dengan karakter dari Crash Bandicoot. Di game ini kita juga bisa mengeluarkan power up untuk menjatuhkan lawan, mirip dengan Nascar Rumble.

Keduanya sering sekali dimainkan karena memang gameplaynya yang sangat seru.

1. Winning Eleven

Siapa yang gak kenal dengan game yang satu ini? Game bola legendaris pasti sering sekali kalian jumpai di rental PS. Bahkan wajib ada di setiap rental PS, hingga saat ini. Mungkin kalau sekarang yang masuk ke Indonesia versi PES -nya. Game bola memang gak ada matinya dari dulu sampai sekarang. Walau berkali kali memainkan game ini, memang sepertinya tidak ada rasa bosan untuk memainkan game bola karena ya memang seseru itu.

Sebernarnya masih banyak game game PS1 yang menjadi favorit di rental PS seperti Resident Evil 3, Tekken 3, Viligante dan masih banyak lagi. Kalau menurut kalian, game PS1 apa yang paling berkesan dan masih terkenang hingga sekarang?

Share yuk !