5 Anime Adaptasi Video Game Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton

Safri Iqbal, 25 Mei 2021

5 Anime Adaptasi Video Game Terbaik Yang Wajib Kamu TontonGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Anime dan gaming memang sudah menjadi kultur pop yang bersinergi satu sama lain sejak tahun 80-an. Kemudian boomingnya JRPG secara global di era 90-an semakin mempererat hubungan kedua industri ini.

Adaptasi game Castlevania ke serial anime oleh Netflix sangat berjasa dalam mempopulerkan video game anime. Berbagai studio dan developer mulai melirik untuk mempromosikan video gamenya lewat anime. Seperti Valve yang mengadaptasi lore Dota 2 ke serial Dota: Dragon’s Blood.

Namun praktik video game anime ini ternyata sudah eksis sejak tahun 1980-an. Ratusan anime adaptasi video game telah dibuat sejak tahun 1990 sampai sekarang. Dan beberapa dari anime tersebut banyak yang sangat sukses bahkan melampaui kepopuleran video game yang diadaptasi.

Nah disini penulis akan memberikan rekomendasi 5 anime adaptasi video game terbaik yang tentunya wajib kamu tonton. Lalu apa saja listnya? Yuk kita simak bersama.

5. Pokemon

Siapa sih yang tidak kenal dengan Pokemon? Salah satu franchise terbesar ini sudah terkenal secara internasional lewat berbagai produknya seperti video game, anime, trading card game, merchandise dan lain-lain.

Tapi tahukah kamu bahwa anime Pokemon yang kita tonton sejak kecil adalah adaptasi dari berbagai seri game Pokemon? Yup, anime Pokemon dirilis pada tahun 1997 sebagai bentuk promosi dari game Pokemon: Red and Green yang rilis pada tahun 1996.

Serial anime Pokemon sendiri bercerita tentang petualangan Ash Ketchum/Satoshi untuk menjadi Trainer Pokemon terbaik sepanjang masa. Bersama partnernya Pikachu mereka berjuang mengalahkan para Gym Leader dan memenangkan turnamen Pokemon Trainer.

4. Persona 4 The Animation

Game bergenre JRPG memang sangat cocok untuk dijadikan adaptasi anime berkat storylinenya yang sangat menarik. Atlus pun melihat peluang ini dan mencoba untuk mengadaptasi seri Persona yang populer ke dalam anime.

Persona 4 The Animation adalah serial adaptasi Persona pertama yang digarap oleh Atlus. Serial ini menceritakan seluruh storyline dari game Persona 4 dari awal sampai akhir. Namun perbedaannya, serial Persona 4 The Animation ditulis dengan nuansa yang lebih ringan dan berbeda.

Pada Persona 4 Animation, karakter Yuu Narukami diberikan karakter yang lebih menonjol dibandingkan versi gamenya yang hanya jadi silent protagonist. Selain itu berbagai event yang ada di Persona 4 dikemas dengan humor dan komedi yang mengocok perut. Sehingga kamu akan merasakan sensasi yang fresh dan berbeda saat menonton serial anime Persona 4 meskipun pernah menamatkan gamenya.

3. Danganronpa The Animation

Danganronpa The Animation merupakan serial anime adaptasi dari game Danganronpa: Trigger Happy Havoc yang rilis pada tahun 2010 lalu. Danganronpa sendiri merupakan game visual novel dengan storyline berbumbu thriller.

Danganronpa The Animation sendiri tidak hanya menceritakan storyline Trigger Happy Havoc saja, namun juga lebih memperluas storyline asli yang ada pada gamenya. Bisa dibilang juga berbagai pertanyaan-pertanyaan yang masih mengganjal setelah memainkan Trigger Happy Havoc dapat terjawab setelah menonton serial animenya.

Danganronpa The Animation menceritakan tentang Makoto Naegi yang terjebak bersama 15 murid SMA lainnya di Hope’s Peak Academy. Makoto dan murid-murid lainnya dijebak oleh sebuah makhluk bernama Monokuma dan satu-satunya cara untuk kabur adalah membunuh murid-murid lain secara sembunyi-sembunyi.

2. Fate/stay night

Game bergenre visual novel seringkali diadaptasi menjadi anime. Puluhan visual novel seperti Clannad, Little Buster, Higurashi, dan lain-lain cukup sukses diangkat menjadi anime.

Diantara banyaknya visual novel tersebut salah satu seri yang paling ikonik adalah Fate/stay night. Seri Fate sendiri merupakan salah satu seri game dengan fanbase terbanyak di Jepang setelah Touhou Project dan Final Fantasy series.

Fate/stay night sendiri adalah game eroge visual novel yang dirilis pada tahun 2004 dan kemudian diadaptasi menjadi tiga serial anime yaitu Fate/stay night, Unlimited Blade Works dan Fate/stay night: Heaven’s Feel. Setiap seri anime tersebut menceritakan tentang 3 rute yang ada pada game Fate/stay night.

1. Steins;Gate

Jika ada kasus dimana kepopuleran anime lebih tinggi dibandingkan game adaptasinya, Steins;Gate adalah salah satunya.

Steins;Gate adalah game visual novel yang dirilis pada tahun 2009 dan diadaptasi pada tahun 2010. Bisa dibilang adaptasi anime Steins;Gate merupakan serial adaptasi game tersukses sepanjang masa.

Serial ini sangat populer bahkan di salah satu portal website ternama MyAnimeList Steins;Gate menempati posisi ketiga anime terbaik dibawah Fullmetal Alchemist dan Shingeki no Kyojin season 3.

Steins;Gate berkisah tentang Rintaro Okabe dan kawan-kawannya yang berhasil menciptakan sebuah alat bernama “Phone Microwave” yang mampu mengubah pisang menjadi gel berwarna hijau. Namun setelah menciptakan alat tersebut berbagai fenomena aneh terjadi di sekitar Okabe. Karena tanpa ia sadar, Phone Microwave yang ia ciptakan merupakan alat yang mampu mengirim pesan ke masa lalu dan mengubah aliran waktu.

Nah itu tadi 5 anime adaptasi video game terbaik yang wajib kamu tonton. Bagaimana, jadi anime mana yang jadi favorit kamu? Atau kamu punya saran anime selain daftar tersebut?

author avatar
Safri Iqbal
Penggemar Dota 2 dan JRPG. Sosok manusia yang terlalu bodoh untuk menyerah. Pengikut setia serial game Final Fantasy, Shin Megami Tensei, The Legend of Heroes dan Ys.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: