Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Di era gaming modern ini, Steam menjadi pilihan nomor satu para gamers untuk membeli game. Steam sendiri menjadi pilihan nomor satu bagi publisher besar maupun developer indie untuk memasarkan produknya.

Dengan jumlah game yang mencapai lebih dari 10 ribu, wajar saja apabila tidak semua game yang ada di Steam bagus dan layak untuk dimainkan. Beberapa game dengan kualitas yang sangat buruk ternyata masih dijual di platform ciptaan Gaben ini.

Lalu apa saja game-game tersebut? Ini dia daftarnya.

FlatOut 3: Chaos and Destruction

FlatOut 3 merupakan game ketiga dari seri FlatOut, game street racing hasil besutan Team6 Studios dan Strategy First. Game ini merupakan game dengan rating terburuk di Steam dengan skor 1.48 dan review “Overwhelmingly Negative”.

Para pemain FlatOut 3 mengeluhkan banyaknya bug, grafik yang membuat pusing, AI dan bot yang terlalu bodoh dan mekanisme game yang buruk. Alhasil hampir semua pemain mengajukan refund setelah memainkan game yang mengerikan ini.

Jika kalian penasaran dan nekat untuk mencoba FlatOut 3, kalian bisa membelinya seharga 90 ribu rupiah.

Uriel’s Chasm

Uriel Chasm merupakan game indie bergenre shooter 16-bit yang dikembangkan oleh Rail Slave Games. Uriel’s Chasm menempati posisi kedua game terburuk dengan rating 1.71 dan review “Mostly Negative”.

Game ini ternyata memang didesain sangat buruk oleh sang developer untuk meningkatkan kesan dystopia dan mimpi buruk. Sehingga apabila kalian memainkan game ini, kalian akan disambut dengan grafik yang membuat mual, audio bgm yang memusingkan kepala dan storyline yang benar-benar absurd.

Jika kalian ingin merasakan pengalaman bermain Uriel’s Chasm, kalian bisa membeli game ini seharga 46 ribu rupiah.

Command and Conquer 4 : Tiberian Twilight

C&C 4 Tiberian Twilight adalah game besutan EA dan merupakan seri C&C terakhir sebelum vakum selama 6 tahun. Game ini merupakan game ketiga rating terburuk sekaligus game AAA terburuk nomor satu di platform Steam dengan rating 1.79 dan review “Overwhelmingly Negative”.

Tiberian Twilight sering dituduh sebagai biang atas matinya seri Command and Conquer. Para pemain mengeluhkan sistem dimana pemain wajib menyambungkan game ke server EA meskipun hanya untuk bermain single player. Akibatnya, ketika server Tiberian Twilight mati, player tidak bisa memainkan game ini sama sekali.

Meskipun server Tiberian Twilight kini down, game ini masih dijual di Steam seharga 282 ribu rupiah.

Kinetic Void

Kinetic Void merupakan game space adventure ciptaan Badland Studio. Game ini menempati posisi keempat game terburuk di Steam dengan skor 1.85 dengan review “Overwhelmingly Negative”.

Alasan mengapa rating Kinetic Void sangat rendah dikarenakan developer dituduh melarikan uang para gamers yang sudah membeli game ini saat early access namun ternyata pengembangan Kinetic Void berhenti total.

Padahal jika dilihat dari screenshot Steam page, Kinetic Void punya potensi yang sangat tinggi bahkan bisa menyaingi game space sandbox lain seperti No Man’s Sky.

Meskipun berhenti pengembangannya, Kinetic Void masih dijual di Steam seharga 136 ribu rupiah.

Spacebase DF-9

Spacebase DF-9 merupakan game base building besutan Double Fine Production. Spacebase menempati peringkat kelima game terburuk dengan skor 1.87 dan review “Overwhelmingly Negative”.

Secara singkat, alasan rating buruk Spacebase DF-9 sama dengan Kinetic Void. Developer berhenti mengembangkan game disaat para pemain membeli game pada early access. Namun bedanya, Spacebase DF-9 mendapatkan unofficial patch dari fanbase yang geram dengan Double Fine namun masih ingin memainkan Spacebase DF-9.

Spacebase DF-9 kini dijual dengan harga 90 ribu rupiah.

Oke itu tadi daftar 5 game dengan rating terburuk di Steam. Untuk list lebih lengkapnya, kalian bisa cek di website ini.

Share yuk !