5 Game Online Jadul yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Safri Iqbal, 28 April 2021

5 Game Online Jadul yang Masih Eksis Sampai SekarangGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Bagi para old school gamers, bermain game online di tahun 2000-an merupakan sesuatu yang luar biasa. Menghabiskan waktu berjam-jam di warnet untuk grinding, farming, atau party bersama teman-teman guild merupakan sebuah memori yang tidak akan terlupakan.

Memang di era modern kali ini, pengalaman tersebut mulai menghilang. Kini gamers dapat bermain game kapanpun dan dimanapun lewat smartphone maupun laptop. Kemudahan teknologi membuat kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke warnet untuk bermain game online.

Begitu juga dengan game online jaman 2000-an. Grafik yang semakin ketinggalan dan menjamurnya game mobile membuat banyak game online jadul terpaksa harus tutup server.

Namun ternyata dari sekian banyak game online jadul yang sudah tutup, masih ada beberapa yang bertahan sampai saat ini. Bagi para old school gamers yang ingin merasakan nostalgia, ini dia 5 game online jadul yang masih eksis sampai saat ini.

Perfect World (Lyto)

Perfect World merupakan game MMORPG asal Tiongkok yang rilis pada 2005 dan masuk ke Indonesia lewat Lytogames pada tahun 2008. Game ini dikenal dengan fiturnya yang sangat lengkap untuk MMORPG pada zamannya. Seperti sistem perebutan wilayah, kustomisasi karakter yang lengkap, dungeon raid yang seru, dan lain-lain.

Sejak awal akusisinya, Lytogames masih mempertahankan server Perfect World sampai saat ini. Bahkan kini Perfect World mendapatkan sekuel yaitu Perfect World 2. Playerbase Perfect World sendiri memang masih cukup ramai bahkan perputaran uang lewat RMT di game ini terbilang cukup tinggi.

Audition AyoDance (Megaxus)

Bicara soal game rhythm di tahun 2000-an, semua gamers pasti tahu soal AyoDance. AyoDance dirilis pada tahun 2006 lewat server Megaxus dan masih bertahan sampai sekarang.

AyoDance sendiri memang menyimpan kenangan bagi para old school gamers. Pada jamannya, game ini merupakan mimpi buruk bagi para pemilik maupun OP warnet karena tak jarang banyak keyboard yang rusak gara-gara memainkan key secara cepat dan keras. Selain itu AyoDance juga dikenal sebagai game cari jodoh karena banyak pemain AyoDance yang menemukan jodoh mereka lewat game ini.

RF Online (Lyto)

Rising Force Online atau yang lebih dikenal dengan RF Online adalah game MMORPG asal Korea dan masuk ke Indonesia lewat Lytogames pada tahun 2006. RF Online merupakan salah satu game online dengan playerbase tertinggi sejak perilisannya.

RF Online bercerita tentang pertempuran 3 bangsa yaitu Accretia, Bellato dan Cora yang memperebutkan kekuasaan Crag Mine yang dijaga oleh Holy Stone Keeper. Game ini cukup terkenal lewat sistem PvPnya yang kental, ramainya perputaran uang lewat RMT, dan event-event yang sangat seru dimainkan bersama teman.

Sama seperti Perfect World, server RF Online masih dipertahankan Lytogames sampai sekarang. Kini RF Online dibagi menjadi dua yaitu RF Remastered dan RF Online Classic.

Ragnarok Online (Gravindo)

Ragnarok Online merupakan MMORPG yang rilis pada tahun 2002. Ragnarok Online dikenal sebagai salah satu game online tertua di Indonesia dan dianggap sebagai pelopor ramainya game online di Indonesia.

Ragnarok Online sendiri populer lewat gameplaynya yang simpel namun sangat adiktif. Saking populernya, tak jarang para old school gamers menyebut Ragnarok Online sebagai game online pertama mereka.

Kini lisensi server resmi Ragnarok Online Indonesia dipegang oleh Gravity Game Link Indonesia. Gravity menyediakan dua versi Ragnarok Online yaitu Ragnarok Frontier dan Ragnarok Forever Love.

Point Blank (Zepetto)

Siapa sih yang tidak kenal Point Blank? Game MMOFPS ini dikenal sebagai game FPS terpopuler di Indonesia, mengalahkan game FPS lain seperti Counter Strike, Crossfire, WarRock, dan lain-lain.

Point Blank sangat disukai oleh gamers lewat gameplaynya yang fast-paced dan game modenya yang bervariasi. Namun dibalik keseruannya, tentu Point Blank juga dikenal sebagai game yang selalu dicemari oleh cheater dan sistem pay-to-win yang kental.

Lisensi Point Blank di Indonesia sempat berpindah beberapa kali. Lisensi pertama dipegang oleh Gemscool. Lalu dikarenakan manajemen Gemscool yang buruk dan minimnya event, lisensi berpindah ke Garena. Dan kini lisensi Point Blank dipegang penuh oleh Zepetto.

Nah itu tadi 5 game online jadul yang masih eksis sampai saat ini. Bagaimana, apakah kalian tertarik bernostalgia dengan game-game jadul tersebut?

author avatar
Safri Iqbal
Penggemar Dota 2 dan JRPG. Sosok manusia yang terlalu bodoh untuk menyerah. Pengikut setia serial game Final Fantasy, Shin Megami Tensei, The Legend of Heroes dan Ys.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: