Share yuk !

Mod dalam game merupakan sebuah kependekan dari kata Modifikasi, yang dimana modifikasi tersebut adalah perubahan satu atau lebih aspek di video game, seperti contoh tampilan, dan sebagainya. Mod dapat berkisar dari ukuran kecil sampai keseluruhan seutuhnya, dan tentunya itu dapat menambah nilai dan minat ke dalam satu permainan yang terkena Mod tersebut.

Menariknya, ada Mod yang malah bisa berdiri sendiri, dan bahkan ada beberapa yang lebih sukses dari game sebelumnya. Nah kira-kira kalian tahu tidak nih, game sukses mana yang pada dasarnya dulunya hanyalah sebuah Mod? Untuk mengetahui itu, mari simak artikel Gamefinity kali ini yuk selengkapnya!

Inilah 5 Game Sukses yang Ternyata Dulunya Hanyalah Sebuah Mod

Hero DOTA 2

1. Game DayZ

DayZ merupakan game yang ternyata hanyalah Mod di game Arma 2, dan setelah itu Mod tersebut dikenal baik dan mengubah Arma 2 yang awalnya realistic-army simulator menjadi multiplayer zombie apocalypse survival, yang dimana player harus bertahan hidup dari zombie, serta bisa berinteraksi dengan player lain.

Creator dari Mod tersebut adalah Dean Hall, dan kini dikabarkan Dean Hall telah keluar dari pengembangan Mod game dan bahkan juga studio Bohemia Interactive di pertengahan pembuatan gamenya tersebut, dan kini Dean Hall beralih membuat studio sendiri yang kini telah mengembangkan game survival berjudul Icarus.

2. Game Garry’s Mod

Sebelum menjadi Garry’s Mod, diketahui ia dulunya hanyalah Mod yang ada di game Half Life 2 pada tahun 2004 sampai pada tahun 2005, yang dimana itu dibuat oleh Garry Newman. Mod yang ada di game tersebut adalah Mod yang memberikan kemudahan, yaitu seperti memberikan kalian kemudahan untuk mengakses asset-asset dari Source Engine, dan juga sebagainya.

Garry’s Mod atau biasa dikenal sebagai G-Mod telah berhasil menjadi mod yang paling banyak dicari, dan dengan itu maka Garry Newman memutuskan untuk membentuk studio sendiri bernama Facepunch Studios, lalu ia juga berniat untuk membuat standalone game yang pernah dirilis pada tahun 2006 lalu.

3. Game Team Fortress

Tahun 1996, game QuakeWorld memiliki modnya sendiri yang telah dimodifikasi, dan dengan itu maka Developer dari modTeam Fortress mengerjakan game mereka sendiri yang pada awalnya direncanakan sebagai sekuel dari game sebelumnya. Akan tetapi Valve Software malah merekrut developer mod tersebut dan menyuruhnya membuat versi standalone ke dalam engine game Half-Life yang akhirnya menjadi Team Fortress Classic pada April 1999.

Di tahun 2007 pada bulan April, Valve kemudian resmi merilis sekuel sesungguhnya yaitu Team Fortress 2 dengan perbedaan tampilan visual serta mekanik dari game yang sebelumnya. Dan kini Team Fortress 2 yang dulunya berbayar menjadi game gratis yang dapat kalian temukan di Steam Market.

4. Game Cry of Fear

Game berikutnya adalah game horor gratis Steam yang merupakan game horor yang sangat seram dan tidak kalah dari game-game horor gratis atau berbayar yang ada di Steam. Game tersebut berjudul “Cry of Fear” yang merupakan game survival horror yang pertama kali hadir pada tahun 2012.

Cry of Fear merupakan game horor pada tahun 2012, yang dimana kemunculannya tidak lama setelah pengenalan awalnya yang diketahui sebagai mod untuk game Half Life. Dalam pengembangan game standalone sempat adanya penundaan berkali-kali karena jumlah tim yang cukup sedikit, akan tetapi pada akhirnya gamenya dirilis sebagai game standalone tak lama setelah popularitas modnya sudah terkenal.

5. Game Dota 2

Salah satu game ajang Esport terbesar di seluruh Negeri ini ternyata dulunya hanyalah sebuah Mod. Perlu kalian ketahui, bahwa sebelum adanya Dota, game tersebut berawal dari map Aeon of Strife dari game sci-fi RTS buatan dari Blizzard, Starcraft, lalu map tersebut kemudian dibawa ke Warcraft III setelah perilisan expansion di The Frozen Throne.

Mod inilah yang membuat Moba diperkenalkan kepada dunia luar, lalu variasi dari mod tersebut telah diciptakan, dan Dota All-Stars menjadi yang paling popular. Karena itu maka Valve tertarik dan merekrut Icefrog untuk membuat standalone dari mod tersebut yang akhirnya menjadi sekuel dari Dota yaitu Dota 2.

Itulah artikel dari Gamefinity yang berjudul “5 Game Sukses Berdiri Sendiri yang Sebelumnya Hanyalah Sebuah Mod” Kiranya artikel ini bisa jadi manfaat untuk kalian dan yang lainnya dengan cara kalian mau share artikel ini. Untuk artikel lainnya dari kami, maka kalian cari dan baca saja hanya di https://gamefinity.id/ 

Share yuk !