5 Video Game Yang Terinspirasi Dari Buku

Inuoka Kiryuu, 7 Mei 2021

5 Video Game Yang Terinspirasi Dari BukuGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Bandung – Banyak dari kalian pasti tau bahwa buku atau novel biasanya di jadikan salah satu sumber yang paling sering diadaptasi ke dalam karya karya lain seperti film, biasanya buku buku yang dijadikan adaptasi ke film adalah Hunger Games,Harry Potter, dan The Lord Of The Rings yang awal nya itu merupakan dari novel, tetapi tidak hanya film, banyak juga adaptapsi buku kedalam video game,mungkin terdengar kurang populer karena buku lebih sulit untuk diadaptasi kedalam video game. Namun, bukan berarti ga ada adaptasi buku untuk video game yang bagus.

Mungkin kalian hanya tahu sedikit judul game yang di adaptasi dari novel ataupun buku. Banyak sekali game yang terinspirasi dari novel maupun buku dan kebanyakan game itu cukup terkenal dan mungkin kamu sudah mengetahuinya. Nah, berikut ini adalah lima daftar video game terbaik yang di adaptasi dari buku.

1. Suikoden II


Pasti banyak dari kalian pernah main game ini tapi kalian ga sama sekali menyadari kalau seluruh seri Suikoden itu berdasarkan dari novel Cina yang berjudul Water Margin di tulish oleh Shi Naian, gagasan yang dimiliki oleh 108 Stars of Destiny di dapati dari novel tersebut dan menjadikan sebuah inti dari franchise Suikoden.Novel Water Margin yang di tulis oleh Shi Naian ini menceritakan kisah yang terjadi selama dinasti Song (960-1279), menceritakan tentang sekelompok 108 penjahat di negeri china yang membentuk pasukan untuk memerangi pemerintah yang korup.

Dari semua Seri Suikoden yang di adaptasi dari novel Water Margin, Suikoden II lah yang menjadi game terbaik dari semua seri yang di adaptasi. Suikoden II sangatlah berbeda dari game game JRPG di Plyastation karena genre nya berbeda dengan game game lain, Suikoden II ini memiliki genre yang berfokus pada tema politik dan peperangan.

2. The Witcher III: Wild Hunt


Mungkin kalian tahu tentang game ini, dari segi story maupun segi kebrutalan nya tetapi game ini merupakan game yang sering di mainkan oleh banyak orang. Game ini diadaptasi dari buku The Witcher oleh Andrej Sapkowski, game yang di buat oleh CD projekt Red pada tahun 2008 dan 2015 adalah kelanjutan dari buku The Witcher tersebut.
Game The Witcher III : Wild Hunt ini memiliki fanbase nya tersendiri karena seri ketiga ini dianggap sebagai puncak dalam seri tersebut dan menjadi salah satu game terbaik yang di rilis beberapa tahun terakhir. Buku Karya Sapskoski ini adalah literatur fantasi terbaik yang ditulis dalam 30 tahun terakhir.

Game The Witcher III : Wild Hunt ini juga memiliki standard yang tinggi,The Witcher III ini menciptakan kisah orisinal yang memikat setiap karakter yang ada. Jadi wajar apabila game ini menjadi salah satu game adaptasi buku terbaik yang pernah ada.

3. Spec Ops: The Line


Video game ini di ambil dari Buku yang berjudul Heart Of Darkness karya Joseph Conrad. Dalam permainan, ada beberapa poin atau detail yang diubah sedikit tidak sesuai dengan adaptasi buku nya, seperti memindahkan cerita ke kota Dubai yang sudah hancur dan juga mengubah setiap nama karakternya, meskipun begitu masih banyak sebagian besar adaptasi yang sesuai dengan buku tersebut dan di eksekusi dengan luar biasa.

Yang membuat game ini sangat menarik adalah karena ia menggunakan fitur fitur yang unik pada game FPS tersebut yang dapat membuat butterfly effect di setiap pilihan yang kamu pilih dan dapat membuat kamu tidak percaya dengan apa yang akan terjadi di dalam game dan apa yang kamu lihat di dalam game.

4. Metro 2033


Game Metro 2033 ini adaptasi dari Novel karya Dmitry Glukhovsky yang mengambil latar,banyak nya karakter, dan detail alur cerita langsung semua nya berasal dari Novel karya nya Dmitry Glukhovsky. Sesuai dengan judul nya, Metro 2033 terjadi pada tahun 2033 di terowongan metro Moskow setelah kejadian perang nuklir yang terjadi 20 tahun lalu karena perang nuklir tersebut akibat nya dunia telah hancur dan memaksa banyak orang harus bertahan di bawah tanah agar tidak terkapar radiasi oleh perang nuklir tersebut demi bertahan hidup.

Akibat perang nuklir yang terjadi 20 tahun yang lalu mengakibatkan ada nya sekelompok makhluk yang misterius yang dikenal sebagai Dark Ones. Kelompok Dark Ones ini menyerang salah satu stasiun di metro yang membuat Artyom harus mencari balab bantuan untuk menghadapi kelompok Dark Ones demi sisa manusia yang masih hidup di terowongan metro.

Yang membuat Metro 2033 ini banyak di gemari oleh orang karena game ini berhasil membangun ketegangan dan misteri di dalam game yang membuat pemain akan di hadapkan dengan terowngan metro yang gelap dan menyeramkan.

5. Parasite Eve


Di awal sampai pertengahan tahun 90 an, genre game horror berkembang pesat popularitasnya di jepang, banyak buku dan film di keluarkan dengan genre horror pada tahun 90 an. Salah satu nya yaitu novel horor fiksi Karya Hideaki Sena yang rilis pada tahun 1995 dengan judul Parasite Eve.

Sebenarnya Parasite Eve karya nya Hideaki Sena ini telah di adaptasi ke dalam Film, Parasite Eve sendiri memiliki dua seri manga dan tidak seri video game RPG aksi. Game ini rilis pertama kali rilis pada tahun 1998 di PlayStation. Meskipun game Parasite Eve ini lebih masuk kedalam genre RPG daripada genre Horror, tetapi adaptasi dalam novel nya sangatlah kental.

Sebagai adaptasi, Parasite Eve merupakan sekuel dari novel Sena, mengambil premis novel sebagai dasarnya dan menggunakannya sebagai latar untuk narasinya sendiri. Selain itu, elemen terkait antara buku dan gamenya adalah karakter Eve, penjahat utama yang lahir dari mitokondria yang telah berevolusi dan sekarang berusaha untuk menggantikan manusia dan bentuk kehidupan serupa lainnya sebagai spesies dominan di Bumi.

author avatar
Inuoka Kiryuu
Seorang Wibu Gamer Yang Suka Bermain Valorant Dan Genshin Impact Dalam Perjalanan Nya Untuk Meraih Kebahagiaan Yang Ia Ingin Capai Walau Penuh Tantangan Ia Tetap Semangat Melewati nya. Mohon Support nya kawan kawan, Bagi yang minat berkenalan Add aja Sosial Media nya.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: