Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Project NEXT merupakan sebuah update besar-besaran Mobile Legends: Bang-Bang yang digagas oleh Moonton sejak perayaan anniversarynya yang ke-4 pada tahun 2020 yang lalu. Sudah banyak hero-hero lama yang mendapatkan revamp dari Project next ini. Layla, Miya, dan kawan-kawannya menjadi hero yang pertama kali di-revamp skill-nya oleh Moonton.

Melalui akun resminya di Instagram, realmobilelegendsid, Moonton akhirnya resmi membatalkan Project NEXT 2022 yang rencananya akan diluncurkan pada bulan September ini. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Skyhook selaku Desainer utama dari Mobile Legends

Baca juga: Developer The Quarry Siapkan Game Horror Baru

Masukan Dari Para Pemain Menjadi Alasan Dibatalkannya Project NEXT Ini

Project NEXT dibatalkan
Pernyataan Skymoon atas pembatalan Project NEXT 2022 halaman 1

Salah satu update yang akan dibawakan di Project NEXT untuk tahun 2022 ini adalah perubahan pada talent system. Sistem ini sebenarnya sudah diterapkan di banyak game MOBA lainnya seperti DOTA 2, Arena of Valor, League of Legends, dan sebagainya. Entah mengapa hanya game Mobile Legends ini sendiri yang tak  mau menggunakannya sehingga Moonton membatalkan pembaruan besar ini. Skyhook mengatakan bahwa masukan-masukan yang diutarakan oleh banyak  pemain yang menjadi pertimbangan untuk dibatalkannya. Hal ini dikatakan oleh Skyhook di bawah.

Project NEXT batal
Pernyataan Skymoon atas pembatalan Project NEXT 2022 halaman 2

“Pertama-tama, saya ingin menyampaikan rasa terimakasih kepada anda karena telah mencintai dan mendukung MLBB selama ini. Terimakasih untuk masukan dan saran anda di komunitas kita. Saya tidak akan pernah lupakan. Hari ini, saya ingin membagikan kabar terbaru mengenai status update Project NEXT tahun ini, yang direncanakan akan hadir pada bulan September, dan membagikan pandangan kami mengenai update MLBB di masa mendatang.

Project NEXT 2022 dimulai pada tahun 2020, sekitar ulang tahun MLBB yang keempat. Pada waktu itu, banyak player yang menghubungi kami, menanyakan mengapa banyak hero lama yang tidak dapat bersaing dengan para hero baru. Masalah ini membuat kami berpikir. Kami telah merilis banyak sekali hero baru ke MLBB, beserta skin dan fitur sistem baru, dan seiring waktu berjalan, kami mungkin telah melupakan teman-teman kami. Itulah mengapa kami memutuskan untuk menjadikan Miya, Layla, dan Zilong menjadi pusat perhatian, serta mendesain ulang item jungle dan roam.

Sama seperti Miya, sistem emblem telah ada bersama kita sejak hari pertama. Akan tetapi, seiring berkembangnya Battlefield, semakin banyak player menginginkan tingkat kebebasan yang lebih tinggi dalam mengatur atribut dan komposisi skill. Oleh karena itu, sistem emblem menjadi fokus utama untuk Project NEXT tahun ini. Mulai dari fase awal desain ulang pada bulan Juni 2021 hingga fase vote pada bulan Oktober 2021, dan berlanjut ke akses awal di Advance server pada bulan April 2022, membutuhkan hampir satu tahun bagi kami untuk menyelesaikan sistem talent baru, yang seharusnya menjadi penerus sistem emblem.

Sayangnya, masukan dari perubahan ini secara keseluruhan negative. Seperti yang anda ketahui, sistem talent tidak terlalu mudah untuk dipahami di awal karena desainnya yang kompleks serta pilihan talent yang terlampau banyak. Tim kami telah berusaha beberapa kali untuk mengoptimalkan sistem ini, tetapi tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan sempurna.

Jika Anda sedang membaca surat ini, Anda pasti telah mengetahui bahwa kami membatalkan update Project NEXT di bulan September. Ini merupakan sebuah keputusan yang berat bagi kami. Sejak perilisan global MLBB, komunitas MLBB selalu menjadi pendorong di balik game ini: Anda terus – menerus memberikan kami masukan dan saran yang sangat berharga, sesuatu yang sangat diandalkan oleh selurub tim ketika kami merencanakan masa depan MLBB. Dengan prinsip “mendahulukan pengalaman player” kami dengan berat hati memutuskan untuk membatalkan update Project NEXT di bulan September ini. Dan desain dari sistem emblem tidak akan berubah hingga kami mencari solusi yang lebih baik untuk menyelesaikan permasalahan saat ini, tetapi juga mempertahankan kesedrhanannya.

Kami mohon maaf karena kami gagal memenuhi ekspektasi anda. Sekali lagi, terima kasih atas masukan anda. Masukan anda memperkuat tekad tim kami untuk menciptakan game yang dibanggakan oleh seluruh player. Dan terima kasih telah berada bersama kami, bersama MLBB. Anda adalah bagian dari masa depan MLBB.”

Share yuk !