Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Jikalau kalian lihat perkembangan ponsel Android, pasti hal yang paling mencolok atau setidaknya salah satu hal yang paling sering di gembar – gemborkan oleh produsen HP adalah kapasitas RAM, hingga saat ini bahkan ada HP Android yang sudah memiliki kapasitas RAM sebesar 16GB dan yang jadi pertanyaan adalah, apa RAM sebesar itu penting?

Dikutip dari polling yang dibuat oleh Android Authority, polling tersebut berisikan berbagai jumlah kapasitas RAM yang ada di HP Android saat ini, mulai dari dibawah 1GB hingga diatas 16GB. Hasil polling tersebut sedikit mengejutkan, bahwa kebanyakan orang memilih kapasitas RAM 8GB lah paling pas bagi mereka.

Total ada 39617 responden pada polling ini, sebanyak 32% memilih RAM 8GB dan hanya 5% responden saja yang memilih RAM 16GB. Ini membuktikan bahwa, untuk saat ini kapasitas RAM 16GB di ponsel itu terlalu banyak, dan tidak terlalu penting untuk dipertimbangkan.

Dengan memiliki kapasitas RAM yang besar tentu saja dapat menambah performa pada ponsel Android kalian, terutama pada bagian multitasking. Kalian memang dapat menjalankan aplikasi lebih banyak secara bersamaan tanpa mengalami kendala dengan kapasitas RAM yang besar dan itu memang nilai lebih dari kapasitas RAM yang besar. Namun, saat ini sepertinya jumlah kapasitas RAM yang ada di ponsel Android terlalu besar, saking besarnya kalian tidak akan merasakan perbedaan yang signifikan di penggunaan harian.

Jikalau ngomongin tentang performa, maka kapasitas RAM bukanlah satu satunya hal yang menjadi titik perhatian kalian, namun performa juga bisa tergantung pada SoC yang digunakan, tipe RAM yang digunakan, jenis penyimpanan yang digunakan, dan lain lain. Jadi, intinya adalah kalian jangan terlalu memaksakan beli ponsel Android berdasarkan dari kapasitas RAM terbesar, tapi lihat juga dari sisi lainnya juga seperti SoC atau bahkan pada penggunaan RAM kalian saat ini.

Share yuk !