Share yuk !

Selama ini penulis sebenarnya agak skeptis terhadap smartphone dengan julukan “HP Gaming”. Tapi dari tahun ke tahun, smartphone gaming ini terus berkembang dan selalu saja ada yang baru. Tapi pertanyaannya adalah, apakah HP gaming itu relevan?.

– HP-nya apa?

Pada saat penulis menulis artikel ini, smartphone yang telah dirilis dengan julukan “HP Gaming” adalah sebagai berikut: Rog Phone 5, Lenovo Legion Duel 2, Nubia RedMagic 6. Dengan julukan seperti itu, bagaimana jikalau dibandingkan dengan “HP normal” saat ini? sebut saja Samsung Galaxy S21 Ultra.

Pada artikel ini penulis hanya akan membicarakan terhadap Samsung Galaxy S21 Ultra, ROG Phone 5, & Lenovo Legion Duel 2 dan tidak akan berbicara banyak terhadap spesifikasi yang dibawa, dikarenakan sudah pasti semua ponsel tersebut termasuk kedalam “10 ponsel terngebut yang ada saat ini”.

Penulis sering kali mengatakan bahwa didalam dunia gaming judul game lah yang lebih penting dibandingkan spesifikasi, memang spesifikasi juga penting tapi apa gunanya jikalau spesifikasi yang dibawa tinggi namun judul game yang berkualitas sangat sedikit?

– Perbedaan performa

Dikarenakan kita berbicara terhadap “HP gaming” dan “HP normal” yang sama sama menggunakan sistem operasi Android, bisa dikatakan ketiga HP tersebut dapat melahap semua aplikasi dan game yang ada di playstore dengan nyaman, fps aman, dan kualitas grafis tertinggi. Jadi jikalau ketiga hp tersebut dapat memainkan dan menjalankan semua aplikasi dan game dengan aman, jadi pembedanya apa dong?

Sebenarnya pembeda paling berasa antara “HP gaming” dan “HP normal” ada pada kestabilan sistem di saat full load dan tentu saja fitur yang lebih dikhususkan untuk para gamer, seperti adanya tombol trigger di sisi body-nya ataupun refresh rate layar lebih cepat dibandingkan lainnya.

Mari kita berbicara terhadap kestabilan sistem dari ketiga HP tersebut, dikarenakan ROG Phone 5 dan Legion Duel 2 memiliki fan sudah pasti di saat full load akan jauh lebih stabil dibandingkan Galaxy S21 Ultra. Kalian dapat melihat perbedaannya dari gambar berikut.

Pada benchmark sintetis terlihat Galaxy S21 Ultra memiliki tingkat kestabilian terendah dibandingkan 2 ponsel gaming tersebut dengan perbedaan persentase yang terpaut sangat jauh, yang menandakan Galaxy S21 Ultra mengalami Thermal Throttling yang sangat parah.

– Apaan tuh thermal throttling?

Apa itu Thermal Throttling?. Singkat dan simple-nya adalah SoC (ataupun CPU/GPU) melakukan penurunan clockspeed untuk menjaga suhu agar tetap berada di suhu yang aman. Hal ini dikarenakan Silicon agak sensitif terhadap suhu, dan dapat rusak terhadap suhu yang tinggi. Untuk meminimalisir Thermal Throttling, kedua ponsel gaming tersebut memiliki kipas (ROG Phone 5 secara external dan Legion Duel 2 secara internal) untuk membuang panas.

Lalu, apa imbas sebenarnya di dalam dunia nyata?. Jikalau berbicara di dunia nyata, semua ponsel diatas tidak mengalami thermal throttling ketika digunakan layaknya pengguna biasa, namun ketika diajak bermain dalam rentang waktu yang lama (seperti 3-6 jam dalam 1 sesi) maka framerate yang dihasilkan oleh kedua HP gaming diatas jauh lebih tinggi dibandingkan Galaxy S21 Ultra

– Relevan atau tidak?

Jadi, apakah HP Gaming itu relevan?. Menurut penulis tidak terlalu relevan untuk kebanyakan orang, tapi jikalau kalian memang seseorang Esport Mobile Gammers yang memang menggunakan HP sebagai media gamingnya, maka jawabannya: ya, cukup relevan. karena penulis yakin, orang dengan tipe tersebut ketika bermain game ia akan bermain game dalam waktu yang sangat lama dan membutuhkan tingkat kestabilitas sistem yang lebih tinggi.

Kenapa tadi saya bilang tidak kepada kebanyakan orang? Karena, pada HP Gaming yang dikorbankan, merupakan hal-hal penting yang akan berguna di setiap hari. Contohnya: kamera, tingkat argonomis ponsel di tangan, IP rating (semua ponsel diatas merupakan ponsel dengan kasta flagship), akurasi layar dan sertifikasi HDR, dan lain lain.

Share yuk !