Share yuk !

GAMEFINITY.ID, BANDUNG – Epic Games tengah menjadi sorotan akhir-akhir ini. Banyak orang yang tahu saat ini pengembang Fortnite itu telah resmi merilis Unreal Engine 5. Namun, ternyata Epic Games juga telah mengumumkan melalui laman resminya bahwa mereka membuat aplikasi pembuat model 3D hanya bermodalkan kumpulan foto dari ponsel! Sangat mengejutkan, bukan?

Baca juga: Press Release: Unreal Engine 5 Kini Telah Tersedia!

RealityScan, Aplikasi Pembuat Model 3D Persembahan Kolaborasi Epic Games, Capturing Reality, dan Quixel

Aplikasi terbaru buatan Epic Games itu dinamai RealityScan. RealityScan merupakan hasil kolaborasi dengan Capturing Reality (pembuat RealityCapture) dan Quixel (pembuat MegaScans). Gagasan utama dari RealityScan untuk mengubah sebuah objek di kumpulan foto menjadi model 3D. Sangat memudahkan bagi siapapun yang tengah mengembangkan sebuah proyek terutama untuk sebuah game.

Sebagai contoh, dalam video pengenalan RealityScan berikut, seorang perempuan memindai (scan) sebuah kursi menggunakan aplikasi tersebut melalui ponsel. Kemudian, hasilnya berupa model 3D dari sebuah kursi. Hasil tersebut bisa digunakan di sebuah proyek game.

Bagaimana Cara Menggunakan RealityScan?

Epic Games dan Reality Scan Update
Visualisasi Reality Scan

Cara menggunakan RealityScan sebenarnya sangat mudah. Cukup log in menggunakan akun Epic Games pengguna terlebih dahulu. Lalu ambil minimal 20 foto sebuah objek dari setiap sudut yang ingin dijadikan model 3D. Pengguna juga dapat menekan tombol capture untuk mengambil gambar objek dari setiap sudutnya sambil bergerak secara perlahan.

Begitu selesai, pengguna dapat menunggah model objek tersebut ke Sketchfab. Setelah beberapa menit, pengguna dapat melihat hasil model 3D objek yang mereka ambil. Pengguna juga dapat menjual model 3D objek buatannya untuk dipergunakan di sebuah proyek 3D, augmented reality atau virtual reality. Sketchfab sendiri merupakan situs platform model 3D yang juga dimiliki Epic Games sejak 2021.

Sudah Resmi Rilis?

Patut diingat, RealityScan masih dalam tahap limited beta untuk 10.000 pendaftar pertama melalui platform TestFlight. Aplikasi ini dijadwalkan rilis sebagai Early Access musim semi ini untuk iOS, sementara Android akan menyusul kemudian. Bagi yang akan menggunakan Unreal Engine 5 dalam pembuatan game, RealityScan wajib kamu coba saat resmi rilis nanti!

Share yuk !