Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 silam, ROG Zephyrus memang tampil berbeda. Saat produsen laptop lain fokus menghadirkan laptop gaming berperforma tinggi dengan bodi yang tebal, ASUS memilih untuk menawarkan sesuatu yang berbeda yaitu sebuah laptop gaming yang sangat portabel dan tetap sangat mumpuni untuk bermain game.

Saat ini lini ROG Zephyrus tidak hanya merepresentasikan laptop gaming yang tipis dan powerful, tetapi juga dapat digunakan untuk bekerja. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan laptop dengan performa tinggi oleh para profesional semakin meningkat. Para profesional yang membutuhkan laptop bertenaga tersebut selama ini lebih memilih menggunakan laptop gamiing karena performanya yang tidak diragukan lagi. Namun kendala dari bentuk dan bobotnya yang bongsor dapat menghambat
mobilitas para profesional tersebut.

ROG Zephyrus G GA502DU tampil untuk menjawab permasalahan tersebut. Sebagai bagian dari keluarga ROG Zephyrus, laptop gaming ini mempertahankan bentuknya yang ramping dan mudah dibawa bepergian. Selain itu, ROG Zephyrus G GA502DU juga hadir dengan spesifikasi kelas gaming yang performanya tidak diragukan lagi serta baterai berkapasitas lebih besar untuk menunjang mobilitas penggunanya.

Utamakan Mobilitas

Sama seperti saudaranya, ROG Zephyrus G GA502DU mengusung bodi yang tergolong ramping untuk sebuah laptop gaming. Desainnya juga lebih tegas dengan bentuk persegi yang minim lekukan. Hal tersebut membuat laptop ini tidak hanya terlihat garang sebagai laptop gaming, namun juga elegan sebagai laptop untuk bekerja.

Untuk tampilan, ROG Zephyrus G GA502DU dibalut dengan warna hitam khas laptop gaming. Bedanya, laptop gaming ini tidak tampil mencolok seperti laptop gaming pada umumnya. Desainnya simpel dengan sebuah logo ROG di belakang layarnya. Logo tersebut tidak dilengkapi dengan LED, bahkan backlight pada keyboard laptop ini bukan RGB backlight. Hal tersebut membuat ROG Zephyrus G GA502DU sekilas justru seperti laptop yang biasa digunakan oleh para pekerja profesional. ROG Zephyrus G GA502DU pada dasarnya dirancang untuk mobilitas. Hal tresebut dapat dilihat dari dimensi bodinya yaitu 36×25,2×1,99cm dan bobotnya yang hanya 2,1. Charger laptop ini juga cukup mungil dan mudah untuk dibawa bepergian. Bentuknya yang ramping adalah berkat penggunaan bezel tipis pada layarnya melalui teknologi Zuper Narrow Bezel.

Selain itu, terdapat juga fitur untuk menunjang mobilitas seperti USB Charger Plus yang membuat laptop gaming ini dapat mengisi baterai gadget Anda melalui fitur fast charging-nya baik dalam keadaan menyala atau sedang dimatikan.

Meski ramping, laptop gaming ini dilengkapi dengan fasilitas port yang cukup lengkap. Selain USB Type-A dan Type-C yang jumlahnya hingga empat port, terdapat juga combo audio jack dan HDMI. Sebagai tambahan, ROG Zephyrus G GA502DU juga dilengkapi dengan port LAN jika Anda membutuhkan koneksi yang lebih stabil dari WiFi.

Tidak hanya dari sisi bodi dan port, bahkan keyboard laptop ini pun dirancang agar nyaman digunakan untuk bekerja. Selain hadir dengan layout seperti keyboard PC desktop, keyboard pada ROG Zephyrus G GA502DU juga dilengkapi dengan beragam shortcut dan tombol khusus untuk mengatur suara. Sementara untuk kebutuhan gaming, keyboard di ROG Zephyrus M GA502DU telah dilengkapi dengan teknologi Overstroke dan N-Key Rollover yang membuat setiap intput ditampilkan dengan akurat.

Di bawah keyboard ROG Zephyrus G GA502DU juga terdapat touchpad dengan ukuran yang cukup besar. Touchpad tersebut mendukung fitur multi-touch dan gesture agar penggunanya tetap dapat produktif ketika menggunakan laptop gaming ini tanpa mouse. Agar tetap dapat digunakan dalam kondisi gelap, keyboard laptop gaming ini juga dilengkapi dengan LED backlight.

Tetap Merupakan Laptop Gaming

Meski sangat ideal sebagai laptop untuk bekerja berkat dimensinya yang ringkas, ROG Zephyrus G GA502DU tetap merupakan sebuah laptop gaming. Nama ROG yang melekat di laptop gaming ini menandakan bahwa ROG Zephyrus G GA502DU dapat menaklukkan semua game modern yang ada di platform PC saat ini.

Sebelum berbicara performa, tentu kita harus melihat fitur gaming apa saja yang ditawarkan oleh ASUS ROG kali ini di ROG Zephyrus G GA502DU, dimulai dari sistem pendinginnya.

ROG Intelligent Cooling System

Selain spesifikasi dan kualitas komponen, sistem pendingin merupakan salah satu kunci utama agar sebuah laptop gaming dapat memiliki performa tinggi. Karena komponen laptop gaming menghasilkan panas yang lebih tinggi, otomatis diperlukan sebuah sistem pendingin khusus yang dapat menjaga suhu setiap komponen agar tetap dapat berfungsi secara normal.

ASUS menjawab tantangan tersebut melalui sebuah sistem pendingin bernama ROG Intelligent Cooling System yang terdiri dari berbagai fitur serta teknologi pendingin eksklusif. ROG Intelligent Cooling System yang digunakan di ROG Zephyrus G GA502DU dibekali dengan fitur khusus seperti Anti-Dust Cooling.

Sesuai dengan namanya, Anti-Dust Cooling merupakan fitur yang memungkinkan debu agar tidak terperangkap di dalam sistem pendingin ROG Zephyrus G GA502DU. Debu tersebut akan dibuang secara otomatis melalui terowongan khusus. Fitur ini hanya terdapat di lini laptop gaming ASUS dan dapat mencegah overheat.

Agar pendinginan dapat bekerja lebih optimal, ROG Zephyrus G GA502DU dilengkapi dengan dua buah kipas khusus. Kipas tersebut memiliki 83 bilah (blade), lebih banyak dari kipas laptop pada umumnya. Hal tersebut membuat aliran udara yang dihasilkan lebih kencang sehingga menghasilkan performa pendinginan yang lebih baik. Anda bahkan bisa mengontrol sistem pendingin di ROG Zephyrus G GA502DU melalui aplikasi Armoury Crate yang akan dibahas lengkap di bagian selanjutnya.

Pusat Komando: Armoury Crate

Seri laptop ROG terbaru kini telah dilengkapi dengan sebuah aplikasi bernama Armoury Crate, tidak terkecuali ROG Zephyrus G GA502DU. Jika diibaratkan, Armoury Crate bagaikan sebuah pusat komando untuk pengguna laptop gaming ROG.

Di Armoury Crate, Anda bisa mengatur performa sesuai dengan kebutuhan serta skenario penggunaan. ASUS telah menyediakan empat preset yang bisa digunakan, yaitu mode Windows, Silent, Performance, dan Turbo. Mode Windows merupakan mode penggunaan sehari-hari, sementara Silent merupakan mode yang direkomendasikan ketika menggunakan laptop di tempat umum karena sistem akan membatasi kecepatan kipas ke tingkat yang tidak berisik sama sekali. Tentu saja performa akan dibatasi dalam mode Silent.

Sementara mode Performance dapat digunakan ketika Anda ingin menjalankan aplikasi yang butuh performa lebih seperti video atau photo editor. Mode tersebut akan membuat kipas berputar lebih kencang agar dapat menghasilkan performa lebih kencang.

Terakhir adalah mode Turbo yang menawarkan performa maksimal. Mode ini hanya bisa diakses ketika laptop terhubung ke listrik menggunakan adapter. Mode ini diaktifkan ketika Anda ingin bermain game AAA dengan detail grafis terbaik dan performa maksimal. Perlu diperhatikan mode ini akan membuat kipas ROG Zephyrus G GA502DU berputar maksimal.

Selain keempat mode tersebut, ASUS juga menawarkan mode Manual dimana Anda bisa mengatur performa GPU dan CPU, serta kecepatan kipas sesuai dengan selera. Semua pengaturan di mode Manual dapat disimpan melalui sistem cloud, tentunya dengan syarat Anda harus terhubung ke akun ASUS.

Audio Menggelegar

Salah satu keunggulan yang bisa dikatakan tidak terduga di ROG Zephyrus G GA502DU adalah performa audionya. Tidak seperti laptop pada umumnya, kualitas suara yang dihasilkan oleh ROG Zephyrus G GA502DU tergolong sangat baik. Laptop gaming ini mamp menghasilkan suara yang kaya dengan bass yang cukup dalam dan sangat jelas terdengar. Selain itu, suara yang dihasilkan juga tergolong lantang.

Kualitas audio di ROG Zephyrus G GA502DU juga semakin baik berkat adanya tools bernama Sonic Studio. Tools ini dapat diakses langsung melalui Armoury Crate dan memungkinkan Anda untuk mengatur sistem audio secara keseluruhan, bukan hanya mengatur volume saja.

Sonic Studio memiliki beberapa preset yang bisa langsung Anda gunakan untuk berbagai macam aktivitas dengan laptop gaming ini. Salah satu presetnya adalah Music yang menawarkan suara lebih kaya dan detail. Sementara preset Gaming mengedepankan sistem surround yang bisa meningkatkan awareness saat bermain game.

Tidak hanya output, Sonic Studio juga memungkinkan Anda untuk mengatur input audio. Melalui fitur bernama Record Studio, ASUS menawarkan fasilitas seperti Noise Reduction, Volume Stabilizer, Accoustic Echo Cancellation, hingga Voice Equalizer yang dapat di-custom. Jika Anda gemar melakukan live streaming, fitur ini akan sangat berguna.

Performa Kencang Khas ROG

Setelah menggali secara mendalam apa saja fitur dan fasilitas yang ditawarkan di ROG Zephyrus G GA502DU, saatnya kita beralih ke bagian yang paling penting dari sebuah laptop gaming yaitu performa. Secara spesifikasi, ROG Zephyrus G GA502DU merupakan laptop gaming kelas menengah. Yang menarik, laptop gaming ini merupakan laptop Zephyrus pertama yang menggunakan prosesor AMD Ryzen, tepatnya Ryzen 7 3750H. Sementara GPU-nya mengandalkan NVIDIA GeForce GTX 1660Ti dengan VRAM GDDR6 sebesar 6GB.

Menemani dua komponen tersebut adalah RAM DDR4 2666MHz sebesar 8GB yang tidak dapat dilepas (embedded), serta penyimpanan yang menggunakan M.2 PCIe Gen3 x2 SSD berkapasitas 512GB. ASUS memberikan opsi untuk upgrade di ROG Zephyrus G GA502DU kali ini. RAM dapat di-upgrade hingga 24GB melalui satu slot SO-DIMM yang disediakan. Sementara untuk penyimpanan terdapat satu slot M.2 PCIe Gen3 x2 yang dapat digunakan.

Kombinasi semua komponen tersebut membuat ROG Zephyrus G GA502DU mampu menaklukkan game AAA paling modern sekalipun, yaitu Tom Clancy's Ghost Recon: Breakpoint yang dapat berjalan dengan framerate maksimal di 72 fps pada pengaturan grafis Ultra. Sementara game AAA lainnya yaitu Tom Clancys The Division 2 juga menunjukkan performa yang sangat baik ketika dimainkan di ROG Zephyrus G GA502DU.

Beralih ke benchmark sintetis, ROG Zephyrus G GA502DU juga menunjukkan performa yang bagus. Performa Ryzen 7 3750H terlihat mampu menyaingi prosesor laptop gaming saingannya yang sama- sama menggunakan konfigurasi 4 core 8 thread dengan performa multi-threading di angka 731 poin pada pengujian menggunakan Cinebench R15.

Berdasarkan pengamatan lebih lanjut, performa tersebut juga sangat stabil dengan skor paling rendah yang dihasilkan berada di angka 681 poin setelah dilakukan pengujian berturut-turut selama 20 kali. Itu artinya, sistem pendingin di ROG Zephyrus G GA502DU mampu bekerja dengan sangat baik sehingga performa laptop secara keseluruhan dapat tetap terjaga.

Untuk pengujian grafis, ROG Zephyrus G GA502DU juga menghasilkan skor yang cukup baik di pengujian menggunakan 3DMark Time Spy, 3DMark Fire Strike dan Fire Strike Extreme. Berikut adalah hasil ketiga pengujian tersebut.

Bagaimana dengan baterainya? Ini yang juga cukup mengejutkan. Diuji menggunakan PCMark 8, baterai ROG Zephyrus G GA502DU ternyata mampu bertahan hingga 5 jam 36 menit. Ketahanan baterai tersebut tentu sangat baik untuk sebuah laptop gaming yang bahkan dapat menyaingi beberapa laptop hemat daya dan ultrabook. Dan karena menggunakan SSD, laptop gaming ini tetap kencang meski saat digunakan tanpa terhubung ke sumber listrik.

Gaming Oke, Kerjaan pun Bisa Beres

ASUS ROG Zephyrus G GA502DU memang bukan laptop gaming paling kencang atau paling portabel. Meski demikian, laptop gaming ini merupakan salah satu yang paling versatile dan dapat diandalkan di berbagai skenario penggunaan. Bekerja secara mobile di cafe ataupun co-working space? ROG Zephyrus G GA502DU yang ringkas dan memiliki daya tahan baterai panjang dapat dijadikan andalan. Apalagi adapternya juga memiliki bentuk yang ramping, tidak lagi tebal dan berat seperti pendahulunya.

Bagaimana kalau diajak bermain game? Jika Anda sudah membaca bagian sebelumnya dengan seksama, seharusnya Anda tidak perlu mempertanyakan performa laptop gaming yang satu ini. Ya, ROG Zephyrus G GA502DU memang sulit mempertahankan framerate di 60 fps untuk game AAA di pengaturan grafis maksimal. Namun pengalaman bermain yang ditawarkan masih sangat baik. Bahkan untuk para penggemar eSports, ROG Zephyrus G GA502DU sudah dilengkapi dengan layar 120Hz.

Share yuk !