Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Laptop saat ini bukan hanya hadir sebagai alat penunjang pekerjaan. Berkat pengkembangan teknologi, khususnya di bidang komunikasi, peran laptop kini telah berubah menjadi perangkat penunjang berbagai kegiatan. Tidak hanya sekadar untuk bekerja dan mengolah dokumen kantor, laptop modern juga dapat digunakan untuk belajar, menikmati hiburan, bahkan berkreasi.

Meski demikian, beberapa orang masih lebih suka menggunakan komputer desktop ketimbang laptop. Salah satu alasannya adalah rata-rata laptop yang banyak beredar di pasar Indonesia saat ini memiliki ukuran layar 14 inci yang bagi sebagian orang masih terlalu kecil. Sementara itu, laptop dengan layar lebih besar biasanya hadir dengan bodi yang bongsor, tebal, berat, dan merupakan laptop yang khusus ditujukan untuk penggunaan tertentu seperti bermain game atau untuk para pekerja kreatif profesional.

Melihat kondisi tersebut, ASUS yang merupakan produsen laptop nomor satu di Indonesia berinisiatif menghadirkan laptop consumer mainstream dengan layar 15 inci, salah satunya adalah VivoBook 15 (A513) yang juga hadir sebagai laptop serba guna untuk semua kalangan. Lalu apa saja benefit dari menggunakan laptop modern berlayar 15 inci, khususnya VivoBook 15 (A516)? Mari kita bahas lebih dalam.

Sangat Portabel

Jika dibandingkan dengan laptop 15 inci sekelasnya 5 tahun silam, VivoBook 15 (A516) jelas sangat berbeda. Bodi laptop ini kini tampil jauh lebih ringkas bahkan bisa disamakan dengan berbagai laptop berlayar 14 inci yang dirilis beberapa tahun silam. Bisa dikatakan bahwa VivoBook 15 (A516) merupakan laptop yang tepat bagi para pengguna laptop 14 inci lama yang sedang mencari laptop pengganti.

Salah satu alasan mengapa VivoBook 15 (A516) dapat tampil lebih ringkas adalah berkat teknologi NanoEdge Display. Teknologi layar yang sebelumnya hanya hadir di lini laptop premium ASUS ZenBook tersebut memungkinkan VivoBook 15 (A516) dapat memiliki bezel layar yang sangat tipis, yaitu hanya 6mm. Berkat bezel yang tipis, keseluruhan dimensi laptop dapat dipangkas sehingga ukurannya menjadi lebih ringkas. NanoEdge Display juga membuat tampilan layar VivoBook 15 (A516) lebih immersive berkat screen-to-body ratio yang mencapai 84%.

Tidak hanya itu, VivoBook 15 (A516) juga memiliki bobot yang tergolong ringan untuk sebuah laptop dengan layar 15 inci, yaitu hanya 1,7kg. Karena memiliki ukuran yang ringkas dan bobot yang ringan, VivoBook 15 (A516) menjadi sangat portabel, mudah dibawa bepergian, dan dapat menemani Anda sepanjang waktu.

Berbicara soal layar, VivoBook 15 (A516) juga tidak hanya dibekali dengan layar besar. Layar tersebut juga dibekali dengan resolusi hingga Full HD (1080p) yang merupakan standar yang digunakan di berbagai layanan video streaming seperti YouTube dan Netflix.

Layar VivoBook 15 (A516) juga memiliki keistimewaan lain, yaitu sudut penglihatan yang luas. Berkat sudut penglihatan (viewing angle) hingga 178 derajat, VivoBook 15 (A516) cocok digunakan saat sesi menonton film bersama apalagi ukuran layarnya besar. Menonton film pun semakin nyaman karena layar VivoBook 15 (A516) telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk Flicker Free dan Low Blue Light. Apa artinya?

Sertifikasi tersebut menandakan bahwa layar VivoBook 15 (A516) lebih aman untuk kesehatan mata karena bebas dari efek flicker serta memiliki tingkat emisi cahaya biru yang rendah. Baik efek flicker maupun emisi cahaya biru, keduanya merupakan faktor utama pada layar perangkat digital yang dapat mengganggu kesehatan mata serta membuat mata mudah lelah. VivoBook 15 (A516) sudah memiliki fitur sehingga pengguna dapat terbebas dari gangguan kesehatan mata.

Fitur Lengkap dan Mudah Digunakan

Laptop modern seperti VivoBook 15 (A516) sudah seharusnya untuk tidak menyulitkan penggunanya. Untuk itulah laptop ini dilengkapi konektivitas yang sangat lengkap, baik secara kabel maupun nirkabel. Bahkan pengguna VivoBook 15 (A516) hampir tidak perlu membawa dongle ke manapun.

Untuk konektivitas menggunakan kabel, VivoBook 15 (A516) dilengkapi dengan berbagai macam port mulai dari USB Type-A, HDMI, dan 3.5mm combo audio jack. Dengan demikian pengguna laptop ini dapat menghubungkan berbagai aksesori seperti USB flash drive, monitor atau proyektor, serta headphone. Tidak hanya itu, VivoBook 15 (A516) juga dilengkapi dengan port USB Type-C sehingga berbagai perangkat modern juga dapat dihubungkan ke laptop ini.

Sementara dari sisi konektivitas nirkabel, VivoBook 15 (A516) telah dilengkapi dengan WiFi 5 yang kompatibel dengan berbagai access point modern. Bagi para pecinta musik yang gemar menggunakan heaphone nirkabel, VivoBook 15 (A516) telah dilengkapi dengan Bluetooth untuk kenyamanan dan pengalaman penggunaan yang maksimal.

VivoBook 15 (A516) merupakan laptop yang mudah dan nyaman digunakan. Keyboard-nya dirancang khusus agar mengetik lebih nyaman, bahkan telah dilengkapi dengan LED backlit sehingga memungkinkan penggunaan di kondisi minim cahaya. Selain itu, keyboard VivoBook 15 (A516) juga hadir dengan numpad yang dapat mempermudah penggunanya saat mengetikkan angka.

Satu fitur yang juga tidak boleh dilupakan adalah MyASUS. Melalui aplikasi khusus yang hanya terdapat di laptop ASUS tersebut, pengguna VivoBook 15 (A516) dapat memantau kesehatan sistem laptopnya, mengetahui status garansi, melakukan update firmware secara otomatis, hingga mendapatkan dukungan teknis.

Yang paling menarik dari aplikasi MyASUS adalah fitur Link To My ASUS. Fitur tersebut memungkinkan smartphone dapat dihubungkan ke VivoBook 15 (A516) sehingga pengguna dapat melihat notifikasi dan menjawab telepon langsung dari laptopnya. Tidak hanya itu, Link To MyASUS juga memungkinkan smartphone untuk menjadi layar eksternal bagi VivoBook 15 (A516).

MyASUS. Fitur tersebut memungkinkan smartphone pengguna untuk dihubungkan dengan VivoBook 15 (A516) sehingga notifikasi dapat ditampilkan di layar laptop. Tidak hanya itu, layar smartphone pengguna juga dapat dijadikan sebagai monitor eksternal untuk VivoBook 15 (A516) melalui fitur Link To MyASUS.

Tangguh

VivoBook 15 (A516) bukan merupakan laptop mainstream biasa. Bodinya dirancang lebih Tangguh dari laptop mainstream pada umumnya dan telah dibekali dengan struktur khusus yang memperkuat bodinya. Di bagian bawah keyboard misalnya, dimana ASUS menyematkan rangka berbahan logam sehingga bodinya tidak mudah rusak ketika terpelintir. Selain itu, lapisan rangka berbahan logam juga ditanam pada sisi layarnya sehingga dapat bertahan lebih baik saat pengguna VivoBook 15 (A516) membuka dan menutup layarnya.

Terakhir, VivoBook 15 (A516) masih dibekali dengan slot khusus untuk 2.5” SATA sehingga penggunanya dapat menyematkan HDD atau SSD. Untuk melindungi media penyimpanan tersebut, ASUS menghadirkan fitur perlindungan khusus bernama E A R™ HDD. Fitur tersebut terdiri dari lapisan pelindung anti getaran sehingga media penyimpanan yang digunakan tidak mudah rusak ketika VivoBook 15 (A516) menerima guncangan.

Dilengkapi Office Pre-Installed

ASUS telah membekali VivoBook 15 (A516) dengan satu kamera sehingga laptop ini sudah bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja atau belajar di rumah. Pengguna VivoBook 15 (A516) juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena laptop ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed.

Microsoft Office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi di dunia. Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Selain dilengkapi dengan fitur Office terkini, Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update sehingga Anda dapat terbebas dari berbagai ancaman celah kemanan dan malware. Microsoft Office Home & Student 2019 tersedia secara cuma-cuma atau tanpa biaya tambahan.

Kencang dan Gesit

ASUS VivoBook 15 (A516) ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Konfigurasi dan kemampuan prosesor ersebut membuat VivoBook 15 (A516) dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja, berselancar di internet, atau menikmati konten multimedia.

Beberapa varian VivoBook 15 (A516) juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330 untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. Kehadiran NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan VivoBook 15 (A516) dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti aplikasi photo editing, video editing, hingga game kasual.

Agar dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan, VivoBook 15 (A516) hadir dengan konfigurasi hardware yang beragam, termasuk pada jenis media penyimpanan data serta memori. VivoBook 15 (A516) telah menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgrade.

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern. ASUS VivoBook 15 (A516) sendiri telah dilengkapi dengan M.2 PCIe SSD berkecepatan tinggi. Berkat kehadiran SSD tersebut, ASUS VivoBook 15 (A516) dapat hadir dengan performa yang sangat gesit.

Terjangkau

Satu hal yang tidak kalah menarik dari VivoBook 15 (A516) adalah harganya yang tergolong terjangkau. VivoBook 15 (A516) memang dirancang sebagai laptop serba guna untuk semua kalangan, sehingga ASUS menghadirkan cukup banyak varian untuk seri laptop ini. VivoBook 15 (A516) dibanderol dengan harga mulai dari Rp5.299.000, membuatnya dapat dijangkau oleh berbagai kalangan termasuk pelajar.

Share yuk !