Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Maraknya game bajakan seolah menjadi benalu dari industri game dunia. Tak tanggung-tanggung, beberapa game sukses dibajak oleh para cracker, tak lama setelah game tersebut rilis secara resmi di pasaran. Seperti yang baru-baru ini dialami oleh dua game garapan Ubisoft, Watch Dogs: Legion dan Assassin’s Creed Valhalla yang sukses dibajak oleh cracker Conspiracy alias CPY.

Kelompok cracker yang disebut-sebut berasal dari Italia itu memang seolah memiliki caranya tersendiri untuk memuaskan para penggemar game bajakan. Mereka memang selama ini dikenal sangat cepat dan tak pandang bulu dalam menyajikan game-game AAA yang berhasil mereka rengkah.

Seperti diamati GAMEFINITY.id, Watch Dogs Legion dan Assassin Creed Valhalla kini bisa diunggah melalui beragam file hosting seperti Uptobox, Dropapk, Megaup, hingga Torrent. Padahal Watch Dogs: Legion sendiri baru rilis pada 29 Oktober lalu, sedangkan Assassin Creed Valhalla bahkan baru rilis hari ini, Selasa (10/11/2020).

Ya, pembajakan video game memang menjadi fenomena tersendiri yang sulit dikendalikan. Layaknya teori ekonomi, selama ada permintaan rasanya fenomena-fenomena ini akan terus berlangsung. Kehadiran para cracker, memang menjadi ancaman bagi industri game. Para developer perlu memastikan proteksi keamanan gamenya agar tidak mudah dibobol para pembajak, disamping tentunya perlu kesadaran dari para gamers untuk hanya membeli dan memainkan game-game dari kopi resmi dari pengembang.

Share yuk !