Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandung – Tidak disangka-sangka, Blade Runner: Enhanced Edition sudah rilis di PC, Switch, PS4, dan Xbox One pada 23 Juni lalu. Tanggal rilis resminya pun diumumkan hanya beberapa hari sebelumnya.

Blade Runner: Enhanced Edition sebelumnya dijadwalkan rilis 2020. Namun, Nightdive Studios, pembesut versi remaster itu, menundanya karena masalah teknis. Saat penundaannya, mereka sama sekali tidak memberi kepastian tanggal rilisnya.

Blade Runner: Enhanced Edition sendiri merupakan versi remaster dari game Blade Runner yang rilis 1997. Versi pendahulunya itu dibesut oleh Westwood Studios, studio yang juga mengembangkan Command & Conquer pertama. Game bukan sebuah adaptasi dari filmnya, melainkan sebuah “sidequel”.

Game point and click adventure besutan Westwood Studios itu telah mendapat herbagai pujian dari kritikus. Beberapa dari mereka menganggap Blade Runner telah melampaui batas genre tersebut dengan jalan cerita bercabang dan ending yang banyak.

Tetapi saat perilisan Enhanced Edition, pemain telah mengeluhkan game remaster itu sebagai “bencana”.

Apa yang Terjadi pada Blade Runner: Enhanced Edition?

Melihat dari track record-nya, seharusnya Nightdive Studios berhasil me-remaster game Blade Runner. Studio tersebut sebelumnya telah berhasil me-remaster judul game klasik lainnya yang menjadi abandonware. Doom 64 dan Quake menjadi dua contoh keberhasilan mereka.

Blade Runner original vs Enhanced Edition comparison
Contoh perbandingan Blade Runner versi original dan Enhanced Edition

Pemain telah mengeluhkan game remaster buatan Nightdive Studios itu tidak sesuai harapan. Banyak yang mengulas Blade Runner: Enhanced Edition memiliki banyak glitch dan bug. Salah satunya visual terlihat samar, sinematik seperti opera sabun (meski setiap cutscene menjadi 60 fps dari 15 fps), pergantian font, dan musik yang menganggu.

Saat artikel ini ditulis, user score untuk versi PC-nya mencapai 1,4 di Metacritic.

Baca juga: Kreatif! Studio Lokal Ini Ciptakan Game yang Berlatar di Kota Surabaya dengan Tema Cyberpunk

Apa Selanjutnya?

Setelah banyaknya ulasan negatif terhadap Enhanced Edition, Daniel Grayson dari Nightdive Studios menulis di Steam bahwa versi ScummVM telah ditambahkan sebagai update. Versi ScummVM sendiri merupakan versi buatan penggemar relawan yang rilis 2019 lalu.

Daniel Grayson juga mengatakan patch resmi pertama sedang dalam pengerjaan. Tampaknya penggemar entah harus bersabar menunggu patch atau memainkan versi ScummVM-nya yang sudah termasuk secara gratis di Blade Runner: Enhanced Edition.

Sementara itu, Nightdive Studios tengah mengembangkan remake dari System Shock yang dijadwalkan rilis 2022.

Share yuk !