Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Orang tua memang harus bisa menjaga buah hatinya, apalagi yang masih di bawah umur ketika melakukan aktivitas termasuk bermain game. Jangan sampai terjadi hal-hal negatif seperti yang menimpa keluarga di Filipina yang uangnya ludes 100 ribu peso atau sekitar hampir Rp30 juta ketika anaknya yang berusia 8 tahun bermain gim di smartphone beberapa waktu lalu.

Pengawasan orang tua kepada anaknya yang masih di bawah umur ketika bermain gim tentu sangatlah penting. Jangan sampai ketika sang anak lepas dari pengawasan orang tua lalu melakukan hal-hal yang bisa membuat orang tua menyesal.

Seperti diberitakan Esports Skor, kasus tersebut terjadi di Filipina dan diceritakan langsung oleh sang ibu melalui Facebook. Meski begitu sang ibu mengatakan bahwa sang anak ternyata juga tak mengetahui kalau ia telah mengeluarkan uang untuk membeli gim.

“Salah satu dari anak kembar saya menghabiskan uang yang cukup banyak untuk membeli gim di smartphone. Ternyata ia pun tak sadar jika telah menghabiskan 40 ribu peso (sekitar hampir Rp12 juta) dalam dua hari,” ucap sang ibu menjelaskan.

Hal itu terjadi karena smartphone si anak dulunya merupakan milik sang ayah. Saat masih menggunakan smartphone tersebut sang ayah menyambungkan kartu kreditnya ke Google Play Store untuk menyewa film guna menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Rupanya saat diberikan ke sang anak, si ayah lupa menonaktifkan fitur tersebut. Hasilnya si anak berakhir mengunduh berbagai gim yang rupanya tak gratis. Kedua orang tua tentu lantas menghukum sang anak, namun bukan karena menghabiskan uang nominal yang besar tapi karena mengunduh gim tanpa sepengetahuan mereka.

“Anak kami sangat menyesal dan bahkan menangis karenanya, ketika kami bertanya soal gim-gim tersebut ia mengaku gim lama yang kami izinkan ia mainkan terlalu mudah. Meski begitu kami tetap menyayanginya karena anak-anak kami lebih berharga dari berapa pun uang di dunia,” tutur sang ibu.

Rupanya setelah mengungkapkan cerita tersebut kedua orang tua tersebut lebih kaget karena nominal yang dikeluarkan sang anak untuk membeli gim membengkak menjadi 100 ribu peso atau hampir Rp30 juta. Akan tetapi kedua orang tua tersebut tetap berpandangan sama dengan apa yang sang ibu katakan sebelumnya. Anak-anak lebih berharga dari materi yang dimiliki.

Sebelumnya, kasus serupa terjadi di Amerika Serikat. Seorang ibu yang bekerja sebagai broker real estat di area Wilton, Connecticut, Amerika Serikat itu harus mendapati tagihan kartu kreditnya jebol, setelah anaknya yang berusia enam tahun diam-diam membelanjakan lebih dari 16.000 USD atau sekitar Rp227 juta di Apple app store untuk game favoritnya, Sonic Forces.

Share yuk !