Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Square Enix selaku pemilik dari game Final Fantasy 14 meminta kepada seluruh pemain untuk segera meningkatkan keamanan akun mereka setelah diketahui seorang hacker hendak mengakses seluruh data pribadi dari pemain. Himbauan tersebut telah diumumkan melalui blog resmi Square Enix.

“Saat ini akun Square Enix sedang mengalami serangan dari para Hacker yang hendak mencuri data-data pribadi pemain dengan menggunakan kombinasi email dan kata sandi yang diperoleh dari situs online lainnya.” Demikian yang tertulis dalam blog tersebut.

Square Enix Meminta Pemain untuk Mengganti Kata Sandi Mereka Sesegera  Mungkin

Square Enix OTP Final Fantasy 14
One Time Password Pada Final Fantasy

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, Square Enix menyarankan untuk mengganti kata sandi akun mereka dengan kombinasi karakter yang berbeda dan serumit mungkin sehingga hacker berpikir dua kali jika ingin mengambil data mereka untuk dijual di situs illegal ataupun deepweb.

Square Enix juga menghimbau pemainnya untuk mereset kata sandi sesegera mungkin atau menggunakan One Time Password (OTP) yang dimana kata sandi tersebut berlaku sekali dengan batas waktu yang ditentukan. Apabila batas waktu telah habis, pemain harus mengirimkan kembali email yang terdaftar guna mendapatkan kata sandi untuk melakukan login.

Baca Juga: CEO Platinum Minta Maaf Atas Tutupnya Babylon’s Fall

Dibandingkan dengan metode sebelumnya, metode One time jauh lebih aman, Square Enix juga menambahkan jika pemain masih menggunakan kombinasi sandi yang mudah ditebak baik pada akun Square Enix maupun situs daring lainnya itu akan meningkatkan potensi untuk diretas oleh Hacker ataupun pihak tak bertanggungjawab.

Sampai saat ini masih belum diketahui secara jelas apa motif dari pelaku melakukan tindakan peretasan pada akun pemain Final Fantasy 14 tersebut. Kini pengembang tengah melakukan pembatasan pada akunnya yang telah diretas oleh pihak tidak bertanggungjawab tersebut dengan memberikan email yang berisikan panduan untuk mereset sandi mereka.

Selain Square Enix melakukan pengamanan pada akun seluruh pemain yang telah diretas tersebut, perusahaan juga melakukan beberapa pembaruan lainnya guna menghindari kejadian yang serupa.

One Time Password Dan Mengapa Metode ini Dinilai Lebih Aman

Salah satu hal menarik yang dibahas adalah metode pengamanan One Time, penerapan One Time Password atau disingkat OTP sudah cukup lama di berbagai layanan online seperti Bank, layanan komersial, Akun Game, dan lain sebagainya.

Cara kerja dari metode ini ketika kamu melakukan transaksi maupun login pada akun online, kamu akan diarahkan pada sebuah tombol yang dimana kamu harus memasukkan alamat email ataupun nomor telepon yang terdaftar. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode berupa susunan angka (umumnya 6 digit) dari SMS atau alamat email untuk meneruskan ke proses selanjutnya.

OTP dinilai lebih aman dikarenakan akan memberikan keamanan ekstra sehingga peretas berpikir ulang jika hendak mengambil data pengguna dengan catatan kode tersebut tidak boleh diberi tahu ke siapapun selain pengguna itu sendiri. Saat ini cukup marak kasus peretasan akun dikarenakan pengguna secara sengaja ataupun tidak sengaja memberikan kode OTP kepada orang asing.

Share yuk !