Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Persaingan antara Mobile Legends dan League of Legends : Wild Rift kembali memanas. Setelah beberapa bulan yang lalu Moonton mengimbau kepada streamernya untuk tidak memainkan Wild Rift di platform stream mereka, kini publik digegerkan dengan pesan kontroversial yang dikeluarkan oleh Moonton.

Isi dari pesan tersebut ialah ajakan kepada para pemain Mobile Legends yang pernah atau sedang bermain Wild Rift untuk mengisi survei. Survei tersebut berisi tentang pengalaman bermain Wild Rift, rank, dan sistem balancing Wild Rift. Pemain yang mengisi survei tersebut kemudian mendapatkan sejumlah Diamond gratis dari Moonton.

Survei yang dikeluarkan oleh Moonton menuai banyak kritik dan kecaman dari pemain Mobile Legends. Pasalnya dengan adanya survei ini pemain merasa pihak Moonton kurang berkompeten dalam persaingan melawan Wild Rift. Selain itu hal ini juga memperkuat adanya dugaan plagiarisme yang dilakukan Mobile Legends terhadap LoL maupun Wild Rift.

Beberapa jam setelah pesan survei tersebut viral, Moonton memutuskan untuk menghapus pesan tersebut tanpa alasan yang jelas. Pemain Mobile Legends menilai tindakan tersebut dilakukan agar tidak terjadi kontroversi dan kecaman yang lebih luas.

Dan setelah menerima banyak komplain dan informasi, pihak developer LoL Wild Rift akhirnya angkat bicara. Tanggapan developer tentang isu ini disampaikan lewat tweet dari Ben Forbes selaku Comms Lead dari Wild Rift.

Tweet tersebut berisi tentang artikel mengenai tujuan dan sistem balancing yang diterapkan oleh developer Wild Rift. Dan anehnya, artikel ini dirilis pada tanggal 21 Oktober 2021, 5 bulan sebelum Moonton mengeluarkan survei Wild Rift. Di dalam artikel tersebut juga dijelaskan secara detail bagaimana sistem balancing, jadwal balancing dan lain-lain.

Hal ini cukup mengherankan para gamers, bagaimana bisa developer sebesar Moonton tidak mengetahui tentang artikel balancing tersebut. Apakah ini pertanda bahwa Moonton mulai panik atas kepopuleran Wild Rift yang mulai naik? Kemudian bagaimana tindakan Moonton selanjutnya setelah blunder kali ini? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari persaingan antara Mobile Legends vs Wild Rift.

 

Share yuk !