Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Dua pertiga (sekitar 67 persen) dari game yang dijual di Inggris tahun lalu dibeli secara digital. Menurut analisis GamesIndustry.biz dari data pasar GSD, 42,7 juta game dibeli secara fisik dan digital pada tahun 2020, 24,5 juta di antaranya merupakan pembelian digital, meningkat 74 persen dari jumlah di tahun 2019.

Sebagai catatan, tidak setiap penerbit mengirimkan data digital ke GSD (termasuk Nintendo dan Bethesda), dengan demikian jika para penerbit ini tidak dimasukkan dalam penghitungan secara keseluruhan, maka sebanyak 67 persen game telah dibeli secara digital melalui Xbox Live, PlayStation Store, Nintendo eShop, dan Steam.

GamesIndustry melaporkan bahwa angka tersebut mewakili peningkatan yang signifikan dari tahun 2019. Saat itu, 52 persen game yang terjual berasal download stores.

“Pasar sedang beralih ke digital sebelum tahun 2020. Namun, pandemi COVID-19 mungkin telah mempercepat langkah peralihan itu, dengan banyak toko ritel bisnis ditutup sepanjang tahun,” catat Christopher Dring dari GI.

Meski demikian, pasar game fisik juga masih menguntungkan dan sebenarnya tumbuh tahun lalu. Sebanyak 18,2 juta game terjual secara fisik tahun 2020 di Inggris, meningkat 2 persen dibandingkan 2019. Dengan demikian, dapat disimpulkan secara keseluruhan pandemi COVID-19 meningkatkan banyaknya orang yang bermain game.

“Jika kami menyertakan semua item fisik – termasuk konsol dan aksesori – pasar game fisik di Inggris bernilai lebih dari 2,1 miliar GBP, naik 28 persen dibandingkan tahun 2019.”

Sebagaimana dirinci dalam laporan terpisah, FIFA 21 (EA) adalah game Inggris terlaris tahun 2020 dengan angka penjualan sekitar 2,2 juta kopi. Diikuti oleh Call of Duty: Black Ops Cold War (Activision Blizzard), yang terjual 1,42 juta kopi.

Adapun penerbit game yang penjualan fisiknya terlaris adalah Nintendo, dengan 20,5 persen dari semua game fisik terjual. Electronic Arts berada di urutan kedua dengan 12,4 persen. Sementara secara digital, penerbit game terlaris tahun ini adalah Ubisoft, dengan pangsa pasar 18 persen diikuti oleh EA sebesar 15 persen.

Dengan gabungan fisik dan digital, Ubisoft adalah pemimpin keseluruhan dengan pangsa pasar 14,3 persen, diikuti EA sebesar 13,7 persen. Namun, seperti yang dicatat sebelumnya, penjualan digital Nintendo tidak termasuk dalam data penghitungan.

Share yuk !