Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Electronic Arts (EA) secara resmi menyelesaikan akuisisi Codemasters, menyusul pengiriman Perintah Pengadilan kepada Panitera Perusahaan Inggris dan Wales pada hari Kamis (18/2/2021). Seluruh modal saham yang ditempatkan pada Codemasters kini dimiliki oleh Codex Games Limited, anak perusahaan EA.

Perdagangan saham Codemasters ditangguhkan di AIM, sub-pasar Bursa Efek London, dan pemegang saham yang ada akan menerima penyelesaian (604 pence per Saham Skema yang dimiliki) dalam waktu 14 hari. Setelah penjualan selesai, setiap Direktur Non-Eksekutif Codemasters telah mengundurkan diri dari Dewan Codemasters dengan segera.

Akuisisi Codemasters oleh EA memberi nilai perusahaan sekitar 1,2 miliar USD atau asekitar Rp16,8 triliun. Dalam sebuah pernyataan, penerbit mengatakan kombinasi Electronic Arts dan Codemasters menandai “era baru dalam hiburan game balap”.

“Ini adalah awal dari era baru yang menarik untuk game dan konten balapan saat kami mempertemukan tim berbakat di Electronic Arts dan Codemasters,” kata CEO Andrew Wilson.

“Penggemar game balap terus berkembang di seluruh dunia, dan waralaba dalam portofolio gabungan kami akan memungkinkan kami menciptakan pengalaman baru yang inovatif dan membawa lebih banyak pemain ke dalam keseruan olahraga mobil dan motor. Tim kami akan menjadi kekuatan global dalam hiburan balap, dengan game yang luar biasa untuk pemain di setiap platform. Kami tidak sabar untuk memulai. ”

CEO Codemasters Frank Sagnier menambahkan: “Hari ini adalah sejarah bagi Codemasters, dan hari yang menyenangkan bagi karyawan dan pemain kami. Kemitraan dengan EA akan memungkinkan tim kami untuk membawa waralaba kami yang sangat terkenal ke level baru dan menjangkau khalayak global yang besar melalui jaringan pemain mereka. Bersama-sama kita dapat mendefinisikan kembali lanskap game balapan untuk menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi penggemar balapan di seluruh dunia. ”

Codemasters adalah penerbit game balapan termasuk Dirt, F1, Grid, dan OnRush. Perusahaan juga baru-baru ini mendapatkan hak atas FIA World Rally Championship (WRC) dan pada 2019 mengakuisisi Slightly Mad, pengembang seri Project Cars dan Fast & Furious Crossroads.

Sebelumnya, pemilik Rockstar, Take-Two juga mengajukan tawaran untuk membeli Codemasters, yang awalnya diterima Codemasters, sebelum EA datang dengan tawaran yang lebih tinggi dan dianggap lebih menguntungkan. EA sebelumnya dikenal sebagai pencipta franchise Need for Speed ​​dan Burnout. Dengan pembelian Codemasters, EA bakal menambahkan sejumlah game balap terkenal ke rumahnya.

Share yuk !