Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sekelompok penggemar Nintendo telah berhasil memulihkan soundtrack Super Mario World yang berusia 30 tahun, menggunakan sampel yang ditemukan dalam kebocoran data “‘Gigaleak” yang dialami Nintendo tahun lalu. Pengguna Twitter The Brickster mengatakan dia dapat menggunakan data Nintendo klasik yang bocor tahun lalu untuk memecahkan misteri sampel mana yang digunakan untuk musik Mario ikonik garapan Koji Kondo.

Kreator lain kemudian dapat memulihkan beberapa lagu dari OST Mario World dan membagikannya secara online. Untuk merestorasi lagu legendaris tersebut, para kreator menggunakan source code Super Mario Advanced (GBA) yang ditemukan dalam Gigaleak. Game tersebut menggunakan kembali sampel asli dari Super Mario World yang dirilis di SNES tahun 1990.

“Sampel tersebut memiliki nama yang tidak kami miliki, dan begitulah cara kami dapat menemukannya. Untuk memperjelas sekali lagi, pemulihan ini BUKAN dibuat oleh saya. Ini dibuat oleh teman-teman saya, yang mengizinkan saya untuk berbagi trek di channel saya, untuk didengarkan semua orang. Saya baru saja menemukan petunjuk yang mengarahkan kami untuk menemukan sampel. Per kredit lagu ada dalam deskripsi.”

Meskipun trek remaster secara teknis berasal dari musik SNES asli, beberapa bagian hasil remastered terdengar kehilangan beberapa nada milik komposer asli.

Super Mario World sendiri bukanlah game pertama yang OST-nya dibuat ulang dengan cara ini. Pada tahun 2019, komposer Sam Miller dapat memulihkan musik dari game Donkey Kong Country dengan menemukan suara asli yang digunakan oleh komposer David Wise.

Tahun lalu, sejumlah besar data Nintendo klasik bocor ke internet atau yang disebut Nintendo “Gigaleak”. Beberapa data yang bocor itu termasuk prototipe awal untuk game seperti Yoshi’s Island, Star Fox, Super Mario 64 dan Zelda: Ocarina of Time, yang kemudian tersebar secara online.

Pelanggaran dari data lama Nintendo itu pertama kali dilaporkan pada bulan Mei. Prototipe awal Super Mario Kart dan Super Mario World 2 (Yoshi’s Island) muncul sebagai bagian dari kebocoran. Begitu pula dengan beberapa artwork awal dari Super Mario World dan lainnya.

Share yuk !