Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Selama beberapa tahun terakhir, Epic Games Store telah kita kenal sebagai toko game dengan game gratisnya yang diberikan tiap minggu. Bahkan ada yang sampai bilang “Klaim dulu, mainnya mah belakangan aja” karena saking seringnya memberikan game gratis. Tapi sayangnya kebanyakan dari kita hanya klaim gamenya saja tanpa memainkannya sama sekali.

Memang, game gratisan ini menjadi salah satu senjata Epic Games dalam mendongkrak jumlah penggunanya. Tapi apakah kalian tahu berapa banyak biaya yang Epic Games keluarkan untuk membuat game gratisan seperti itu?

Belum lama ini, sebuah dokumen yang bagikan oleh pendiri GameDiscoverCo, Simon Carless mengungkapkan bahwa Epic harus mengeluarkan biaya lebih dari $ 11,6 juta dolar atau sekitar 168 miliar Rupiah untuk memberikan game gratis dalam sembilan bulan pertama operasinya, yaitu antara Desember 2018 dan September 2019.

Want to know how much $ the devs of those ‘free’ Epic Games Store games got, & how many copies were grabbed? Here’s the first 9 months to September 2019. pic.twitter.com/5hkLb1VEjj

— Simon Carless (@simoncarless) May 3, 2021

Dokumen tersebut merupakan bagian dari dokumen gugatan sidang perseteruan antara Epic Games vs. Apple pada 3 Mei yang lalu. Bagi kalian yang tidak tau, perseteruan ini dimulai pada bulan Agustus tahun lalu dimana Epic Games yang diduga menyalahi aturan pembelian in-app purchases di App Store yang membuat Apple menghapus Fortnite dari App Store.

Epic Games

Dari dokumen tersebut dapat kita lihat berapa banyak biaya yang harus Epic Games keluarkan tiap game dengan banyaknya pengguna yang mengklaim game tersebut. Sebagai contoh, Subnautica yang menjadi game pertama yang digratiskan diklaim oleh 4,6 juta pengguna dengan biaya yang harus dikeluarkan sebesar 1.4 juta dollar, termahal kedua setelah Batman Arkham dengan 1.5 juta dollar atau sekiar 21.6 miliar Rupiah.

Menariknya, Epic Games tidak membayar sepeserpun untuk game Metro: 2033 Redux, ini mungkin disebabkan oleh game Metro Exodus yang eksklusif satu tahun di Epic Games pada tahun 2019. Sayangnya kita tidak bisa melihat berapa biaya yang Epic Games keluarkan untuk game GTA V karena hanya sampai September 2019 sedangkan GTA V digratiskan pada Mei 2020.

Dengan total biaya yang harus dibayarkan sebesar $ 11,6 juta selama sembilan bulan pertamanya, yang mungkin bagi kita jumlahnya cukup banyak, tetapi ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan pendapatannya dari game Fortnite yang mencapai 28,7 miliar dolar atau sekitar 400 triliun rupiah lebih.

Gimana menurut kalian? Jumlah yang besar bukan?

Share yuk !