Share yuk !

GAMEFINITY.ID Kutai Kartanegara – Game Street Fighter 6 dilaporkan akan mendukung fitur cross-platform. Tidak hanya itu, pihak developer juga telah mengkonfirmasi akan adanya Rollback Netcode baru dalam game tersebut.

Pada event State of Play Minggu lalu, Capcom telah merilis trailer perdana dari game Street Fighter 6. Dimana dalam video teaser tersebut, Capcom membagikan sedikit cuplikan dari gameplay, para karakter baru, hingga beberapa fitur yang akan kembali dalam seri terbaru nanti.

Selain pengumuman resmi, game Street Fighter 6 juga dikabarkan akan mendukung cross-play atau cross-platform. Kabar ini datang dari cuitan Twitter Maximilian Dood, salah seorang streamer sekaligus YouTuber, yang berkesempatan untuk berbicara dengan para pengembang dibalik game fighting ikonik tersebut.

“Dikonfirmasi dari pengembang secara langsung. Street Fighter VI akan memiliki permainan silang.” Tulis sang Streamer di Twitter.

Dan meski kabar ini telah tersebar, sang Produser dari game Street Fighter 6, Shuhei Matsumoto, masih belum berani mengkonfirmasi kehadiran dari fitur cross-platform. Menurutnya, fitur tersebut merupakan sesuatu yang saat ini “ingin dicapai oleh tim.”.

“Kami memahami pentingnya itu (cross-platform), dan itu adalah sesuatu yang sedang kami kerjakan dengan keras, dan sesuatu yang ingin kami tuju,” ucap Matsumoto kepada IGN.

Baca juga: Gacha 90 Juta Tanpa Item Legenda Dalam Game Diablo Immortal

Street fighter 6 Rollback Netcode
Program Rollback Netcode Dalam Game Fighting

Program Rollback Netcode Dalam Street Fighter 6

Selain kabar dari hadirnya fitur cross-platform, Street Fighter 6 juga dilaporkan akan kembali menggunakan program Rollback Netcode. Kabar ini sendiri telah dikonfirmasi oleh pihak Developer, melalui sang sutradara, Takayuki Nakayama.

Dimana ia menyebutkan bahwa dalam seri terbaru nanti, pengembang akan menggunakan program Rollback Netcode baru, yang dibangun ulang dari awal.

“Seperti yang Anda ketahui, Street Fighter 5 juga memiliki netcode rollback,” Ucap Nakayama kepada IGN. “Tetapi dalam hal SF6, game ini akan memiliki Rollback Netcode, tapi itu tidak akan sama dengan apa yang kita miliki di SF5, dan ini adalah sesuatu yang kami bangun dari awal.” Tambahnya.

Mengutip dari laman web Gamerant, Rollback Netcode merupakan sebuah program dalam game Fighting yang digunakan untuk menangani latensi dan meningkatkan pengalaman bermain secara online.

Rollback netcode dimulai dengan cara yang cukup unik, yaitu dengan memperlakukan input kedua pemain sebagai lokal (offline) dan lawan mereka sebagai pemain jarak jauh. Daripada menunggu perintah input milik lawan, setiap mesin lokal akan “memprediksi” input perintah lawan selanjutnya. Jika prediksi terbukti benar, maka permainan akan dimainkan dengan lancar.  Jika prediksi terbukti salah, maka gameplay akan bergeser ke status gameplay yang benar. Rollback sendiri dapat disesuaikan ke jumlah frame yang sangat kecil, sehingga prediksi yang salah masih terasa cepat dan mulus saat bergerak.

Rollback Netcode telah digunakan dalam banyak judul game Fighting, mulai dari Mortal Kombat 11, Skullgirls, Brawlhalla, hingga game Street Fighter 5.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di https://gamefinity.id/

Share yuk !