Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandung – PlayStation akhirnya kembali mengadakan State of Play untuk musim panas 2022. Melalui live stream berdurasi tiga puluh menit di YouTube dan Twitch, mereka mengungkapkan berbagai judul baru dari pengembang third-party. Tidak hanya itu, beberapa game untuk PlayStation VR 2 juga terungkap.

Inilah rangkuman berbagai judul game yang terungkap di State of Play Juni 2022.

Resident Evil 4 Remake

PlayStation State of Play - Resident Evil

State of Play dibuka dengan terungkapnya remake dari Resident Evil 4 dari Capcom. Capcom tampaknya berusaha sebaik mungkin untuk memperbaharui grafis menjadi tampak realistis sambil mempertahankan ciri khasnya.

Seperti versi pendahulunya yang rilis pada 2005, remake dari Resident Evil 4 memiliki seting enam tahun setelah Resident Evil 2. Pemain akan berperan sebagai Leon S. Kennedy yang menjalankan misi di sebuah desa terpencil untuk menyelamatkan Ashley Graham, putri dari presiden Amerika Serikat. Leon kemudian mengetahui ada yang salah dengan penghuni desa tersebut.

Resident Evil 4 Remake resmi rilis 23 Maret 2023 untuk PlayStation 5. Ditambah, game horor besutan Capcom itu juga akan dapat dukungan untuk PlayStation VR 2.

Stray

PlayStation State of Play - Stray

Selanjutnya, pemain diperkenalkan dengan Stray besutan BlueTwelve Studio dan Annapurna Interactive. Pemain berperan sebagai seekor kucing yang imut. Berlatar tempat di dunia post-apokaliptik yang sudah penuh dengan robot, sang kucing memiliki keinginan untuk bertemu kembali dengan keluarganya. Sang kucing ditemani oleh sebuah drone bernama B12 dalam menjelajahi dunia tersebut.

Stray juga memiliki elemen open world dengan visual dan atmosfer yang mengagumkan. Ditambah lagi, terdapat berbagai puzzle menantang menanti pemain.

Stray akan rilis pada 19 Juli 2022 untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5. Khusus pelanggan PlayStation Plus tier Extra ke atas, Stray akan tersedia secara gratis.

The Callisto Protocol

PlayStation State of Play - The Callistso Protocol

Dari Striking Distance Studios dan Krafton, The Callisto Protocol merupakan sebuah game horor survival yang disutradarai oleh Glen Schofield, yang sebelumnya juga membuat seri Dead Space. The Callisto Protocol awalnya ditujukan sebagai ekspansi dunia PUBG. Namun, selama pengembangan berlangsung, game ini justru berfokus pada ceritanya sendiri di luar PUBG. Pemain sudah disuguhkan trailer gameplay mencekam dan juga menakjubkan.

Pemain akan berperan sebagai Jacob Lee, seorang narapidana di koloni penjara Black Iron di sebuah bulan di planet Jupiter. Jacob diceritakan harus bertahan hidup begitu beberapa sipir dan narapidana bermutasi menjadi monster Biophage akibat sebuah wabah misterius. Pemain akan berhadapan dengan gerombolan monster tersebut menggunakan senjata melee dan gun.

The Callisto Protocol akan rilis 2 Desember 2022 untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5

Rollerdrome

PlayStation State of Play - Rollerdrome

Berlatar tahun 2030, game ini menunjukkan sebuah olahraga rollerblading penuh kekerasan ekstrem dan brutal bertajuk Rollerdrome. Pemain berperan sebagai Kara Hassan yang berambisi mencapai ranking tertinggi olahraga tersebut. Lambat laun, Kara akan mengungkap misteri di balik pembuatan olahraga brutal itu..

Rollerdrome juga merupakan game third person shooter dengan sebuah twist. Twist-nya yang seperti disebutkan tadi, rollerblading. Pemain dapat melihat trailer gameplay yang penuh darah saat mengalahkan berbagai kompetitor sambil menunjukkan trik untuk menang.

Rollerdrome akan meluncur 16 Agustus 2022 untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5.

Eternights

PlayStation State of Play - Eternights

Game besutan Studio Sai dan Kowloon Nights ini dideskripsikan sebagai game hack-and-slash dan dating sim yang disatukan. Pemain sudah disambut oleh adegan berdarah saat seorang tokoh utama laki-laki kehilangan tangannya pada awal trailer. Tokoh laki-laki itu kemudian dapat menumbuhkan lengannya kembali dan mengubahnya menjadi sebuah pedang. Trailer kemudian mempertunjukkan gameplay hack-and-slash-nya yang menantang.

Eternights memiliki latar sebuah dunia post-apokaliptik di mana manusia yang terkena sebuah infeksi misterius menjadi monster. Sang tokoh utama harus menghadapi berbagai monster dan juga bertahan hidup.

Bagian dating sim dari game ini, sang tokoh utama juga dapat menjadi love interest bagi salah satu dari lima tokoh perempuan. Seperti kebanyakan dating sim, sang tokoh utama dapat berinteraksi untuk mengesankan salah satu dari mereka. Ditambah, pemain juga akan disuguhkan cutscene bergaya anime.

Eternights akan meluncur awal 2023 mendatang untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5.

Street Fighter 6

PlayStation State of Play - Street Fighter 6

Masih belum selesai dengan Resident Evil 4 Remake, Capcom juga mengungkap first look dari gameplay Street Fighter 6. Dibalut dengan grafis jauh lebih realistis dari pendahulunya, pemain dapat melihat aksi karakter favorit seperti Ryu dan Chun-Li dalam sebuah pertarungan.

Tidak berhenti sampai di situ, Street Fighter 6 juga memamerkan tiga mode, Fighting Ground, World Tour dan Battle Hub. Mode yang paling menonjol pada trailer adalah World Tour, sebuah story mode single player di mana pemain dapat berperan sebagai karakternya sendiri dan mengeksplorasi dunia Street Fighter. Fighting Ground merupakan kumpulan mode klasik dari seri Street Fighter, sementara Battle Hub terlihat seperti mode interaksi antar pemain.

Ditambah, Street Fighter 6 juga menghadirkan Real Time Commentary. Selama bermain, pemain dapat mendengar komentar selama gameplay berlangsung. Fitur ini akan tersedia dengan subtitle dalam 13 bahasa.

Street Fighter 6 dijadwalkan rilis 2023 untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5.

Tunic

PlayStation State of Play - Tunic

Setelah sebelumnya rilis Maret lalu di Xbox One, Xbox Series, PC, dan macOS, Tunic juga akan hadir di PlayStation 4 dan PlayStation 5. Tunic berfokus pada karakter rubah muda yang ingin menyelamatkan sebuah pulau dari sebuah kutukan. Pemain akan berperan sebagai karakter rubah itu untuk mengalahkan berbagai musuh dan menyelesaikan berbagai puzzle kompleks.

Tunic sebelumnya mendapat sambutan hangat dari kritikus saat perilisannya di Xbox dan PC. Banyak di antara mereka yang membandingkannya dengan seri The Legend of Zelda. Selain itu, visual dan gameplay-nya juga mendapat pujian.

Tunic akan hadir di PlayStation 4 dan PlayStation 5 pada 27 September 2022 mendatang.

Season: A Letter to the Future

PlayStation State of Play - Season: A Letter to the Future

Season: A Letter to the Future dideskripsikan sebagai sebuah game third-person atmospheric adventure bicycle road trip. Pemain berperan sebagai Estelle, seorang wanita yang memulai petualanganannya untuk menjelajahi dunia yang berubah. Pemain nantinya dapat mengambil foto, berkeliling menggunakan sepeda, dan berinteraksi dengan berbagai karakter selama perjalanan.

Dalam trailer-nya, pemain disuguhkan dengan atmosfer lebih tenang daripada kebanyakan game yang memacu adrenalin. Visualnya yang dapat menenangkan hati ikut menonjol dalam game ini.

SEASON: A Letter to the Future meluncur di PlayStation 4 dan PlayStation 5 musim gugur ini.

Final Fantasy XVI

PlayStation State of Play - Final Fantasy XVI

Akhirnya penantian penggemar seri Final Fantasy telah berakhir! Naoki Yoshida memperkenalkan satu lagi trailer dari Final Fantasy XVI sebagai penutup State of Play.

Dalam trailer bertajuk Dominance, Final Fantasy XVI memperlihatkan sistem combat real-time dan detail terbaru tentang dunia Valisthea. Menjelang akhir trailer, berbagai summon juga diperlihatkan, memperlihatkan pertarungan melawan Ifrit, Ramuh, Shiva, Bahamut, dan lainnya.

Final Fantasy XVI mungkin akan menjadi entri utama pertama yang memiliki rating ESRB M. Game Final Fantasy yang memiliki rating ESRB M sebelumnya adalah Final Fantasy Type-0 untuk PSP dan Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin. Trailer perdananya yang diungkap 2020 memperlihatkan adegan berdarah-darah tidak seperti entri Final Fantasy biasanya.

Final Fantasy XVI akan meluncur musim panas 2023.

Baca juga: Final Fantasy XVI Masuk Tahap Akhir Pengembangan

Game Baru yang Diumumkan Rilis Di PlayStation VR2

Sesuai janji sebelumnya, PlayStation juga memamerkan cuplikan dari game yang akan datang di PlayStation VR2. PlayStation telah mengungkap empat game yang tengah dalam pengembangan khusus PlayStation VR2

Resident Evil Village menjadi judul pertama yang akan menambah dukungan untuk PlayStation VR2. Pemain dapat melakukan combat menggunakan lengan sendiri untuk mengalahkan musuh menggunakan berbagai senjata. Belum ada jadwal rilis resmi untuk Resident Evil Village untuk PlayStation VR2, yang pasti pemain dapat menyelesaikan campaign secara utuh nantinya.

The Walking Dead: Saints and Sinners Chapter 2: Retribution juga akan dapat versi PlayStation VR2 pada 2023. Game ini merupakan sekuel dari pendahulunya, lengkap dengan  campaign dan tantangan baru. The Walking Dead: Saints and Sinners: Chapter 2 akan tersedia di PlayStation VR terlebih dahulu pada akhir 2022.

No Man’s Sky tidak berhenti mengejutkan penggemarnya. Hello Games mengumumkan versi PlayStation VR2-nya sedang dalam pengembangan. Versi PlayStation VR2-nya diperlihatkan lebih impresif dalam mengeksplorasi latar luar angkasa.

PlayStation State of Play - Horizon: Call of the Mountain

Game VR yang terakhir akan tersedia eksklusif di PlayStation VR2, kali ini dari PlayStation Studios sendiri, yaitu Horizon: Call of the Mountain. Pemain sudah disuguhkan dunia seri Horizon yang menakjubkan secara langsung dalam trailer, lengkap dengan musuh machines yang berdatangan.

Presentasi judul game PlayStation VR2 itu diakhiri oleh pengumuman update terbaru dari Horizon: Forbidden West dari BenMcCaw, sutradara naratif Horizon: Call of the Mountain. Salah satu dari update besar Horizon: Forbidden West adalah mode New Game+.

Marvel’s Spider-Man Remastered dan Miles Morales Juga Dapat Versi PC!

PlayStation State of Play - Spider-Man Remastered

Ternyata PlayStation juga mengumumkan Marvel’s Spider-Man Remastered juga akan mendapat versi PC. Versi PC-nya akan meluncur pada 12 Agustus 2022 di Steam dan Epic Games Store. Ditambah, Marvel’s Spider-Man: Miles Morales juga akan hadir di PC musim gugur ini.

Itulah rangkuman judul game baru yang akan datang di PlayStation. Game manakah yang dinanti oleh pemain? Pemain dapat menunjungi PlayStation Blog untuk mengetahui lebih lengkap detail setiap game yang telah diumumkan.

Share yuk !