Share yuk !

GAMEFINITY.ID Kutai Kartanegara – Game MOBA ikonik, Heroes of Newerth, resmi menutup server serta akses umum untuk game-nya, setelah lebih dari 12 tahun berjalan. Penutupan ini dilakukan sesuai pengumuman dari pihak developer pada bulan Desember tahun lalu.

Heroes of Newerth merupakan salah satu pelopor dari game MOBA, yang pernah populer pada masanya. Meski berhasil bertahan di pasaran selama lebih dari satu dekade, S2 Games selaku Developer memutuskan untuk menutup layanan game ini pada tanggal 20 Juni Kemarin. Masih belum diketahui alasan pasti dari penutupan game ini, tapi kemungkinan besar hal ini dilakukan karena Heroes of Newerth kalah populer dengan 2 game serupa, yaitu League of Legends (LoL) dan Dota 2.

Dikutip dari situs Gamerant, Heroes of Newerth sempat bersaing dengan DOTA 2 dan League of Legends pada tahun 2015, namun sepertinya hal itu telah berubah seiring berjalannya waktu.  Bahkan pengumuman penutupan resmi di Reddit hanya menerima beberapa lusin upvotes dan komentar. Hal ini menunjukkan bahwa playerbase dari game tersebut, sudah tidak lagi cukup untuk mendukung perkembangan dari Heroes of Newerth.

“Pada saat ini, server tampaknya sepenuhnya tidak dapat diakses, dan tidak ada fungsi offline apa pun yang ada dalam game, yang secara efektif membunuhnya di jalurnya.” Tulis GameRant.

Baca juga: Bill Gates Sebut NFT Sebagai “Teori Bodoh Yang Lebih Besar”

Game Heroes of Newerth
Game Heroes Of Newerth Resmi Dimatikan Pada Tanggal 20 Juni Kemarin

Game Berbayar Yang Berubah Model Penjualan

Heroes of Newerth pada awalnya adalah sebuah game berbayar, yang kemudian dengan cepat beralih ke model Free-to-Play dengan microtransaaction di dalamnya.  Hal ini memungkinkan pihak Developer untuk menciptakan komunitas yang lebih loyal dan bisa bertahan lebih lama.

Meski begitu, game ini terpaksa harus mengakui keunggulan game MOBA lain yang berhasil bertahan di pasaran hingga sekarang. League of Legends misalnya, Game MOBA besutan Riot Games tersebut tampil dengan lebih baik setiap tahunnya. Tidak hanya berhasil memperkuat momentum sejak awal perilisannya, tetapi juga menandai kebangkitan untuk penawaran utama dari IP tersebut.

LoL kini telah tumbuh menjadi sebuah waralaba besar selama beberapa tahun terakhir. Mulai dari rilisnya beberapa game spin off, hingga seri animasi “Arcane” telah menarik para pemain untuk menyelam lebih dalam ke dunia Runeterra.

Heroes of Newerth tersedia secara eksklusif di PC, dengan server yang dimatikan pada 20 Juni 2022.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di https://gamefinity.id/

Share yuk !