Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Bermain game memanglah sangat menyenangkan, apalagi kalau momentum winstreak sedang tinggi-tingginya. Namun seringkali keseruan itu membuat kita lupa akan waktu bahkan kondisi tubuh kita sendiri.

Meskipun bermain game bukanlah aktivitas yang membutuhkan gerakan tubuh yang banyak, namun tak menutup kemungkinan jika kalian dapat mengalami cedera akibat bermain game secara intensif.

Dr. Levi Harrison adalah seorang ahli bedah ortopedi dari Glendale, California. Dr. Levi merupakan seorang spesialis dalam mengobati cedera akibat bermain game. Pasiennya berkisar dari gamer profesional, gamers usia 9 tahun hingga 90 tahun, dan dari semua platform dan genre, termasuk mobile, konsol, dan PC.

Menurut Dr. Levi, penyebab utama terjadinya cedera akibat bermain game adalah waktu bermain yang terlalu tinggi dan posisi badan yang salah ketika bermain game.

“Masalah utama yang saya temukan adalah jam bermain yang berlebihan. Kebanyakan pasien saya bermain game hingga 16 jam sehari, terutama para gamer elit.”

“Mereka (para gamers) tidak memiliki keseimbangan ergonomis yang tepat dari mouse dan meja mereka, mereka tidak memiliki sandaran yang tepat, atau mereka tidak tahu bagaimana mengatur postur mereka. Mereka harus belajar bagaimana duduk dengan benar dan bagaimana menempatkan tangan dan siku mereka dengan benar” Ujar Dr. Levi.

Kemudian Dr. Levi juga menjelaskan berbagai macam cedera yang kerap dialami oleh para gamers dan menjelaskan bagaimana cara mengatasinya. Diantaranya adalah:

Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit dimana saraf median di Carpal Tunnel pergelangan tangan tertekan karena terlalu sering digunakan. Carpal Tunnel Syndrome atau CTS sering menyerang para gamers PC karena terlalu lama meenggunakan mouse. Tak jarang pro player game PC seperti Fear atau KuroKy pernah mengalami CTS.

Gejala yang dirasakan adalah mati rasa, kesemutan, dan/atau nyeri pada ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan sisi ibu jari dari jari manis. Apabila kalian merasakan gejala tersebut setelah menggunakan mouse terlalu lama, segera hubungi dokter untuk perawatan medis.

Lateral Epiconylitis (Tennis Elbow)

Lateral Epiconylitis adalah kerusakan mikro pada tendon yang memanjang di pergelangan tangan dan jari-jari Anda yang disebut Common Extensor Tendon. Kerusakan berasal dari bagian tulang yang disebut Lateral Epicondyle. Cedera ini paling sering dialami para gamers mobile dan PC yang sering meletakkan sikunya di meja ketika bermain.

Gejala yang umumnya dirasakan penderita Lateral Epiconylitis adalah nyeri pada sisi luar siku, yang menjalar hingga ke lengan bawah dan pergelangan tangan. Gejala bisa berlangsung dalam rentang waktu 6 bulan hingga 2 tahun, bermula dari nyeri ringan, kemudian akan memburuk seiring waktu.

Trigger Thumb

Trigger Thumb adalah kondisi pembengkakan tendon fleksor pada ibu jari yang menyebabkan tendon tersangkut di struktur dekat pangkal tangan. Trigger Thumb kerap dialami para gamers konsol dan gamers mobile yang sering menggunakan ibu jarinya.

Gamers yang terkena Trigger Thumb biasanya merasakan ibu jari terasa kaku dan sulit untuk digerakan. Kemudian benjolan muncul di telapak tangan tepatnya di pangkal ibu jari.

Cubital Tunnel Syndrome

Cubital Tunnel Syndrome adalah iritasi saraf ulnaris di dalam Cubital Tunnel pada siku. Jika saraf ulnaris menjadi teriritasi di daerah ini karena tekanan, peradangan, maupun peregangan, berbagai gejala akan muncul. Penyebab Cubital Tunnel Syndrome hampir sama dengan Tennis Elbow dimana gamers sering menekuk siku sehingga terjadi peradangan.

Berbagai gejala yang muncul apabila kalian terkena Cubital Tunnel Syndrome adalah rasa nyeri, kesemutan, dan kelemahan pada lengan bagian bawah dan beberapa jari, dan kesulitan untuk menggerakkan siku.

Upper Crossed Syndrome

Upper Crossed Syndrome adalah ketidakseimbangan postural yang terjadi pada otot punggung atas, otot dada, dan sendi bahu. Kondisi ini sering disebabkan oleh duduk terlalu lama dan akan diperburuk oleh postur tubuh yang buruk akibat posisi bermain game yang terlalu membungkuk.

Gejala yang dirasakan penderita Upper Crossed Syndrome adalah nyeri pada bagian leher, pundak, bahu dan punggung. Kemudian penderita juga akan merasa tidak nyaman untuk duduk diam dalam waktu yang lama.

Yup itu tadi berbagai cedera yang kerap dialami para gamers. Sebagai gamers, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting agar kita senantiasa bermain game yang kita sukai. Kurangi waktu bermain yang terlalu panjang, perbanyak olahraga dan istirahat apabila merasa lelah ketika bermain game.

Share yuk !