Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Hitman 3 baru-baru ini mendapatkan patch baru untuk versi PC. Patch yang dirilis oleh IO Interactive selaku developer dari Hitman 3 tersebut memberikan fitur ray-tracing di VGA RTX series. Selain ray-tracing untuk shadow dan reflection, patch ini juga memberikan fitur Nvidia DLSS AI upscaling.

Nvidia DLSS AI upscaling sendiri berguna untuk upscale kualitas gambar dari 1440p menjadi 4K untuk Nvidia. Fitur serupa yaitu Intel XeSS dan AMD’s FSR 2.0 juga direncanakan akan rilis kedepannya. Namun saat ini, patch dari Hitman 3 ini masih berfokus ke optimisasi dari Nvidia RTX series.

Kita akan disajikan dua opsi ray-tracing untuk refleksi dan bayangan dari cahaya matahari. Setting ray-tracing ini juga dibagi menjadi low, medium, dan high.  Selain itu, terdapat fitur roughness cut-off yang bisa memaksimalkan efek ray-tracing di permukaan yang lebih kasar. Namun, fitur ini hanya bias dipakai di pengaturan ray-tracing medium dan high.

Perbedaan Ray-tracing Low, Medium, dan high di Hitman 3

Perbedaan dari pengaturan low,medium, dan high pada ray-tracing di Hitman 3 terdapat pada jumlah objek dan detail yang dipantulkan. Pada setting high, setiap objek dan NPC dapat dipantulkan secara penuh oleh ray-tracing. Untuk medium sendiri, fitur ini akan mengurangi jumlah dan detail dari objek yang dipantulkan.

Hitman 3
RT comparison

Namun, karena adanya sistem yang cukup pintar menyeleksi objek mana yang perlu dipantulkan dan objek mana yang tidak, maka setting medium ini mempunyai visual yang tidak jauh berbeda dari setting high. Sementara untuk setting low, kita hanya akan melihat sedikit objek yang bisa dipantulkan, serta NPC yang juga tidak masuk kedalam pantulan tersebut.

Baca Juga: Penuh Kejutan, Star Wars Jedi: Survivor Rilis Trailer

Secara keseluruhan, fitur ray-tracing reflection dan shadow di Hitman 3 ini terbilang cukup bagus. Banyak perubahan yang terjadi setelah adanya patch ini. Perubahan ini paling terasa jika kita sedang berada di dalam ruangan, karena sebagian besar objek dan NPC akan terlihat.

Sayangnya, fitur ray-tracing pada Hitman 3 ini masih relatif cukup berat untuk VGA RTX Series. Di RTX 3090 sendiri, ray-tracing tersebut bisa mengurangi FPS pada game dengan cukup signifikan. Pada setting low dengan resolusi 4K, FPS pada game Hitman 3 akan turun sebesar 60%, 67% untuk setting medium, dan 72% untuk setting high.

Hal tersebut tentunya juga tergantung pada spec dari PC yang kita miliki. tetapi, mendapatkan 120fps di resolusi 4K pada setting RT on di game ini masih terlalu berat untuk dilakukan. Namun karena patch ini masih baru, kita tunggu saja IO Interactive untuk memperbaiki ini dan mengoptimalkan penggunakan ray tracing di Hitman 3.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Gamefinity. Tetap menjadi gamer yang sultan dengan top up mudah dan murah di gamefinity.id

Share yuk !