Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Game Harry Potter berikutnya, Hogwarts Legacy kabarnya akan membebaskan pemain untuk menciptakan karakter transgender. Menurut laporan Bloomberg yang mengutip sumber anonim di studio Avalanche milik Warner Bros., beberapa anggota pengembang game telah berjuang untuk membuat game itu seinklusif mungkin, sebagai tanggapan atas komentar sang penulis serial, J.K. Rowling.

Setahun terakhir, Rowling dikritik karena membuat beberapa komentar yang dianggap transphobia di akun Twitter-nya. Hal ini ditanggapi beberapa aktor film Harry Potter, termasuk pemeran utama Emma Watson dan Eddie Redmayne, yang secara terbuka menyuarakan dukungan mereka untuk komunitas transgender.

Beberapa anggota tim Avalanche juga telah mendorong karakter transgender supaya ditambahkan dalam game. Nantinya ketika pemain memulai permainan mereka bisa menciptakan karakter yang memiliki suara maskulin atau feminim apapun tipe tubuhnya, sedangkan pilihan “witch” (penyihir wanita) atau “wizard” (penyihir laki-laki) akan menentukan asrama dimana karakter mereka ditempatkan.

“Awalnya ada penolakan dari manajemen. Tapi saat ini kustomisasi karakter sudah termasuk dalam game,” kata sumber anonim tersebut.

Selain komentar Rowling, Hogwarts Legacy juga mendapat kritikan setelah desainer utama, Troy Leavitt menjalankan saluran YouTube reaksioner yang menerbitkan video kritikan terhadap feminisme dan keadilan sosial.

Seperti diberitakan jurnalis Liam Robertson, salah satu konten Leavitt yang cukup kontroversial ialah video yang menyebut gerakan #MeToo sebagai “kepanikan moral”. Video lainnya meremehkan tuduhan pelecehan seksual yang dibuat terhadap mantan CCO Pixar, John Lasseter. Leavitt juga menyatakan dukungannya untuk Gamergate, gerakan yang mendorong pelecehan terhadap perempuan dan minoritas di industri game.

Salah satu forum video game independen terbesar di internet, Resetera telah melakukan kampanye boikot Hogwarts Legacy, sebagai respon atas komentar “fanatik” yang dibuat Leavitt dan Rowling.

Seperti diberitakan GAMEFINITY.ID sebelumnya, Warner Bros. Interactive telah menunda game RPG Harry Potter, Hogwarts Legacy hingga tahun 2022. Sebelumnya, game ini digadang akan dirilis tahun ini untuk konsol generasi terakhir dan berikutnya, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X / S, serta PC.

Share yuk !