Ini Dia 5 Game Dengan Total Ukuran File Terbesar

Safri Iqbal, 17 Mei 2021

Ini Dia 5 Game Dengan Total Ukuran File TerbesarGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Seiring berkembangnya kualitas game, tentunya spesifikasi hardware yang dibutuhkan juga ikut meninggi. Tidak hanya CPU, GPU dan RAM saja, penyimpanan atau storage drive juga membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

Pada jaman dulu, game dengan grafis 3d seperti NFS Underground hanya membutuhkan penyimpanan beberapa giga saja. Kini ukuran pada game modern membengkak hingga menjadi puluhan giga. Bahkan beberapa game AAA kini ada yang membutuhkan lebih dari 100 gigabyte ruang penyimpanan.

Hal ini membuat penulis tertarik meneliti daftar game dengan total ukuran file terbesar. Dalam daftar list ini, ukuran file game dihitung beserta seluruh DLC, add-on, expansion, dan lain-lain. Lalu apa saja gamenya? Ini dia 5 game dengan total ukuran file terbesar.

5. Medal of Honor Above and Beyond (170 GB)

Selain spesifikasi yang tinggi, game VR atau Virtual Reality tentunya membutuhkan kapasitas yang besar. Salah satunya adalah Medal of Honor Above and Beyond.

Medal of Honor Above and Beyond merupakan rilisan terbaru dari seri FPS legendaris Medal of Honor. Untuk rilisan terbarunya, Respawn Entertainment selaku developer dari Medal of Honor memutuskan untuk menciptakan sesuatu yang lebih segar dengan menggunakan teknologi VR.

Karena itu, total ukuran Medal of Honor Above and Beyond setelah instalasi dapat mencapai 170 Giga. Developer juga menyarankan untuk menginstall game ini pada SSD agar mempercepat proses instalasi dan loading ketika bermain.

4. Quantum Break (178 GB)

Quantum Break adalah game third person shooter sci-fi besutan Remedy Entertainment dan Microsoft Studios. Game ini menggabungkan elemen game dan TV series. Jadi bisa dibilang ketika memainkan Quantum Break, kita bermain game sekaligus menonton TV show.

Karena gabungan dua elemen tersebut, Quantum Break membutuhkan file storage yang sangat besar, yaitu 178 Giga apabila kalian memilih untuk mendownload seluruh TV show dalam kualitas 4k. Jika kalian merasa keberatan mendownload file TV show, kalian bisa memainkan Quantum Break dan menggunakan streaming ketika menonton TV show dan menghemat sekitar 100 GB penyimpanan.

3. Call of Duty: Modern Warfare 2019 (235 GB)

Hadirnya Call of Duty Modern Warfare 2019 merupakan sesuatu yang sangat menghebohkan di tahun 2019 lalu. Pasalnya Activision kembali me-reboot seri Modern Warfare yang merupakan seri yang paling digemari oleh para penggemar franchise Call of Duty.

Modern Warfare 2019 hadir dengan sejumlah konten dan gameplay yang bervariasi. Mulai dari Campaign sampai dengan cross-platform Multiplayer. Dan tentunya jangan lupa, Modern Warfare 2019 juga menghadirkan mode battle royale yang cukup ramai dimainkan, yaitu Call of Duty Warzone.

Maka dari itu, apabila kita menggabungkan ukuran file Modern Warfare 2019 dan Warzone, sekaligus beberapa DLC dan update, total dari game ini dapat mencapai sekitar 235 GB.

2. Call of Duty: Black Ops Cold War (250 GB)

Selain Modern Warfare, Call of Duty juga memutuskan untuk mereboot seri andalannya yaitu Black Ops ke dalam rilisan terbarunya yaitu Call of Duty: Black Ops Cold War.

Seperti Modern Warfare 2019, Black Ops Cold War juga membutuhkan kapasitas disk yang sangat besar pula. Dengan game mode dan konten yang bervariasi, sekaligus ditambah dengan fitur Ray-tracing dan high quality texture, total game file dari Black Ops Cold War adalah sekitar 250 GB.

Namun tenang, ketika menginstall Black Ops Cold War kalian bisa memilih beberapa komponen yang tidak perlu untuk ikut diinstall. Dengan cara ini kalian dapat menghemat penyimpanan disk hingga sekitar 50 GB.

1. ARK: Survival Evolved (275 GB)

Dan untuk peringkat pertama game dengan total ukuran file terbesar dipegang oleh ARK: Survival Evolved. Game survival ini memang dikenal dengan updatenya yang banyak dan sering sehingga ARK dapat menghabiskan kapasitas disk.

Selain update, ARK juga memiliki map yang sangat luas dan DLC yang cukup banyak pula. Penyakit bloatfile yang dimiliki ARK juga tak kunjung diperbaiki oleh developer sehingga semakin lama file ARK akan semakin membengkak juga. Pada update terakhirnya, ARK Survival Evolved menghabiskan total sekitar 275 GB. Ukuran yang sangat fantastis.

Yup itu tadi daftar 5 game dengan total ukuran file terbesar. Bagaimana, apakah disk penyimpanan kalian cukup untuk memainkan game-game ini?

author avatar
Safri Iqbal
Penggemar Dota 2 dan JRPG. Sosok manusia yang terlalu bodoh untuk menyerah. Pengikut setia serial game Final Fantasy, Shin Megami Tensei, The Legend of Heroes dan Ys.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: