Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandar LampungIsometric Persfective atau Sudut Pandang Isometrik adalah perspektif yang digunakan dalam video game dan seni piksel yang dimana menggunakan proyeksi paralel. Sudut pandang yang tidak hanya menampilkan dari samping, atas-bawah, melainkan ditampilkan dalam efek 3 Dimensi.

Isometric Persfective atau Sudut Pandang Isometrik banyak digunakan dalam video game dan seni piksel yang dimana menggunakan proyeksi paralel. Sudut pandang yang tidak hanya menampilkan dari samping, atas-bawah, melainkan ditampilkan dalam efek 3 Dimensi.

Awal Mula Game Isometric

Video game bergaya visual proyeksi Isometrik ialah game-game arcade pada awal 1980-an. Dimulai dengan munculnya game arcade Treasure Island yang dirilis hanya di Jepang pada September 1981, akan tetapi tidak dirilis secara internasional hingga Juni 1982.

Game Isometrik pertama yang dirilis secara internasional oleh SEGA adalah Zaxxon, yang dirilis di Jepang pada bulan Desember 1981 dan Publikasi secara Internasionalnya pada bulan April 1982. Zaxxon sendiri ialah game shooting Isometric yang dimana pemain menerbangkan pesawat ruang angkasa. Zaxxon dapat dimainkan dibeberapa perangkat keras game Arcade seperti, Coleco Vision, Atari, SG 1000, IBM PC, ZX Spectrum, dan lainnya.

Sepanjang tahun 1990-an beberapa game seperti Syndicate, SimCity 2000, Civilization II, X-COM, dan Diablo mengunakan perspektif Isometrik tetap. Namun dengan hadirnya akselerasi 3D pada komputer pribadi dan konsol game, game yang sebelumnya menggunakan perspektif 2D mulai beralih ke 3D.

Dan juga selama tahun 1990-an, grafik Isometrik mulai digunakan untuk permainan JRPG (Japan Role-Playing Game) pada konsol, khususnya Tactical Role-Playing Game. Contohnya seperti Front Mission, Tactics Ogre, dan Final Fantasy Tactics.

Akhir tahun 1990-an dan awal 2000-an Black Isle Studios dan BioWare menggunakan Infinity Engine untuk beberapa game yang mereka kembangkan seperti, Baldur’s Gate (1998), Fallout (1997) dan Fallout 2 (1998).

Rekomendasi Game Isometrik untuk Pengguna Mobile

Pada zaman seperti sekarang tidak sedikit game sekarang yang menggunakan Isometric Persfective dalam pembawaan visualnya. Baik itu game PC, konsol, Mobile sekalipun. Adapun beberapa  game mobile yang menggunakan perspektif Isometrik seperti :

Clash of Clans

Isometric Games
Clash of Clans – Isometric Perspective Game

Game strategi yang dikembangkan oleh developper Finlandia, Supercell. Game yang dirilis untuk IOS pada 2 Agustus 2012, dan Android pada 7 Oktober 2013.  Game yang menuntut para pemain untuk membangun sebuah desa dan mempertahankan desa dari serangan goblin dan player lainnya.

Baca Juga: Tips Build Item Magic Damage Wajib Untuk Mage Di Mobile Legend: Bang-Bang

Lords Mobile

Isometric Games
Lords Mobile – Isometric Perspective Game

Game strategi yang dikembangkan oleh IGG (Internet Gaming Gate). Game yang rilis pada 26 Juli 2013. Game yang hampir sama dengan Clash of Clans, hanya saja berlatar disebuah kerajaan abad pertengahan yang dimana kita dapat memilih kerajaan/pemerintahan dengan era yang berbeda-beda.

Rise of Empires: Ice and Fire

Isometric Game
Rise of Empires: Ice and Fire – Isometric Persfective Game

Game strategi serupa dengan Lords Mobile yang ditawarkan oleh Long Tech Network Limited. Dirilis untuk mobile pada 31 Juli 2018.

Age of Empires III

Isometic Games
Age of Empires III – Isometric Persfective Game

Game strategi ikonik yang sekarang dapat dimainkan di mobile untuk series Mobile Windows. Diterbitkan untuk Microsoft pada 18 Oktober 2005 untuk rilis awalnya.

Walau di zaman seperti sekarang yang dimana game MOBA sedang mendominasi, tidak salah untuk mencoba salah satu game dengan visual Isometrik seperti di atas seperti, Clash of Clans yang sempat booming pada 2012  untuk IOS dan 2013 untuk Android dan masih bertahan hingga sekarang.

Kunjungi website Gamefinity selalu untuk mendapatkan info seputar game menarik lainnya.

Share yuk !