Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Tanjung Balai Karimun – Sejak usia berapa kalian bermain game?, 10 tahun? 7 tahun? Atau bahkan lebih muda lagi?. Tapi apakah kalian pernah melihat kakek dan nenek kalian bermain game seperti yang kalian lakukan sehari-hari?.

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa terjadi peningkatan pemain game yang berusia lansia sejak tahun 2018 lho. Hal ini sebenarnya bisa dibilang suatu hal yang wajar terjadi, karena era game sendiri sudah dimulai sejak tahun 1960. Namun, apa yang mendasari hal ini terjadi?, padahal usia 50-an keatas tidak terpapar dengan perkemangan game zaman sekarang.

Perkembangan Pemain Lansia Menurut Global Web Index

Penelitian yang dilakukan oleh pihak dari Global Web Index menyebutkan bahwa, jumlah gamer yang berusia diatas 50 tahun, berkembang sekitar 32% sejak tahun 2018. Persentase ini menunjukan bahwa ada peningkatan yang cukup besar terjadi pada pemain lansia.

Penelitian tersebut menggunakan sampel dari 19.500 orang lansia yang berusia sekitar 50-60 tahun yang berasal dari berbagai dunia. Dan juga menurut pernyataan dari GWI bahwa 86% pengguna internet ikut berpartisipasi dalam game. Dan mencakup genre FPS Multiplayer seperti Call Of Duty, dan beberapa game indie lainnya.

Dan para kakek nenek ini juga berpendapat bahwa, ikut bermain game modern adalah salah satu cara untuk mempererat hubungan dalam keluarga, terutama kepada para cucu-cucu. Dan juga sebagai bentuk menghabiskan waktu bersama saja.

Sekedar Menghabiskan Waktu

Menilik dari persentase studi yang dilakukan oleh pihak GWI, sebenarnya tidak ada hal yang perlu ditakutkan, dan juga peningkatan ini bisa berdampak baik untuk perkembangan industri game. Juga memberikan warna baru untuk komunitas game yang didominasi oleh anak muda.

Dan tidak bisa dipungkuri juga bahwa, hal ini berdampak baik untuk perekonomian para orang-orang lansia ini, mulai ada beberapa lansia yang melakukan streaming gameplay, dan menguploadnya ke platform berbagi video seperti Youtube. Contohnya saja seperti nenek asal Jepang bernama Hamako Mori, yang saat ini sudah berusia 90 tahun, dan menjadi gamer tertua didunia.

Saat ini nenek Mori aktif dalam bermain game seperti Call of Duty, Grand Theft Auto, Skyrim dan juga berbagai game keluaran baru lainnya, selain aktif dalam bermain game, nenek Mori juga rajin mengupload konten gaming nya ke channel youtube miliknya.

Tentunya hal ini tidak berdampak buruk bagi nenek Mori, kegiatan yang dilakukannya ini hanya sebagai menghabiskan waktu di masa tua saja, sama halnya seperti kakek-nenek kita yang menanam bunga, berkebun dan lain-lain untuk sekedar menikmati hidup saja.

Share yuk !