Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Setelah resmi diluncurkan hari ini, Cyberpunk 2077 menjadi salah satu game yang paling hangat diperbincangkan. Banyak pula gamers yang berharap bisa memainkan game ini secara gratis. Hal ini dimanfaatkan para scammer yang menawarkan unduhan Cyberpunk 2077 gratis, tetapi alih-alih demikian, mereka malahan mengejar data korban.para penggu

Perusahaan keamanan siber Kaspersky menemukan beberapa situs web yang menawarkan unduhan Cyberpunk 2077 gratis. Situs web yang ditemukan semuanya sangat mirip, disesuaikan dengan bahasa dan domain level teratas yang sesuai. URL tersebut berisi kata-kata seperti PC, game, dan download dalam bahasa situs. Jika pengunjung mengklik tombol tersebut, situs mendownload file yang dapat dijalankan tampak seperti penginstal ke komputer. Saat membukanya, pengguna akan melihat menu dengan beberapa tombol yang tidak aktif, menciptakan ilusi bahwa setelah diinstal, aplikasi dapat digunakan untuk menjalankan dan mengonfigurasi game.

Tiga opsi aktif: Instal, Support (tombol ini tidak berfungsi) dan Exit akan muncul dari aplikasi yang dijalankan. Mengklik Instal akan membuka jendela yang menampilkan game sedang diunduh dan dibuka. Faktanya program tidak melakukan apa-apa selain meniru progres instalasi sebelum meminta kunci lisensi dari pengguna. Pengguna yang terjebak bisa “mendapatkan” kunci dengan mengklik tombol Get License.

Mengklik tombol tersebut akan membuka situs web lain yang menawarkan pengguna kesempatan untuk mengikuti survei atau mengikuti giveaway untuk mendapatkan kuncinya. Prompt berikutnya adalah serangkaian pertanyaan yang tidak terkait, serta permintaan nomor telepon dan alamat email. Informasi kontak tersebut kemungkinan menjadi sasaran serangan, dimana informasi kontak berguna untuk spamming.

Setelah menerima semua jawaban, situs tersebut menyediakan kunci. Sekilas, tampaknya kunci itu berfungsi karena dikodekan ke dalam pemasang palsu. Ketika loading permainan, para korban seolah-olah tinggal selangkah lagi memainkan game garapan CD Projekt Red itu. Sayangnya, aplikasi ini akan menampilkan layar splash kemudian mengatakan kehilangan DLL yang diperlukan untuk menjalankan game.

Pengguna yang frustrasi sekarang harus mengklik tombol Download yang lain dan lagi-lagi diarahkan ke halaman Web dengan survei lain (yang merupakan jalan buntu). Sekali lagi, sayangnya, tidak ada wadah emas yang menunggu di ujung pelangi. Pengguna yang sabar hanya akan menemukan penginstal palsu dan “permainan” yang tidak pernah melewati layar splash.

Kaspersky mencatat, mendownload nongame, membuang waktu untuk survei yang tidak berguna, dan membuka database spam lain adalah hal yang berakibat buruk, meskipun tidak fatal. Tetapi skema serupa bisa lebih berbahaya. Misalnya, alih-alih survei, penjahat dunia maya mungkin meminta uang untuk ditukar dengan kuncinya. Atau alih-alih pemasang tiruan, mereka mungkin menyediakan malware. Tahun ini, Kaspersky telah mendaftarkan beberapa ribu upaya infeksi melalui unduhan Cyberpunk 2077 palsu.

Share yuk !