Share yuk !

GAMEFINITY.ID, PATI – Pasca mengakuisisi sosial media Twitter, Elon Musk telah mempersiapkan segudang perubahan demi menciptakan platform sosial media impiannya. Salah satu perubahan yang nampaknya cukup kontroversional adalah keharusan pengguna twitter untuk membayar 8 dollar per bulan untuk verified badge. Fitur ini pun akhirnya dirilis dan langsung menimbulkan banyak kekacauan.

Layanan Berbayar Twitter Blue’s

Fitur verified badge berbayar yang diberi nama Twitter Blue’s telah menimbulkan banyak kekacauan untuk akun-akun penting di Twitter. Pasalnya sekarang pengguna tidak perlu menjalani beberapa peninjauan yang mengkonfirmasi apakah akun tersebut memang memenuhi kriteria aktif, penting, dan nyata. Selama pengguna memabayar layanan ini perbulannya, maka mereka akan mendapatkan badge verification meski bukan akun penting seperti perusahaan, politisi, influenser ataupun seniman.

Seperti yang dilansir oleh Dextero, Musk menjelaskan keputusannya di Twitter Space. Sekarang, yang  dibutuhkan para pengguna agar akunnya terverifikasi di Twitter adalah dengan membayar 8 dollar per bulan. Musk mengatakan dia tidak peduli jika para pengguna tidak sanggup atau mau membayar biaya layanan ini. Miliarder terkenal tersebut juga tidak menganggap layanan ini sebagai sistem dua kelas yang menunjukkan mana akun biasa dan penting.

Kemunculan Akun Verified Palsu

Musk sebelumnya mengklaim bahwa sistem baru akan berperan sebagai pencegah akun – akun spammer atau scam, tetapi kenyataannya justru sebaliknya. Beberapa jam setelah peluncurannya pada hari Rabu, layanan ini dijadikan sebagai bentuk penipuan. Mulai bermunculan akun-akun perusahaan, politisi, influencer dan seniman palsu dengan simbol centang biru di akunnya.

Contoh yang paling terkenal di industri game yaitu kemunculan akun Nintendo America palsu namun terverifikasi.  Parahnya akun palsu itu memberikan informasi seputar game Super Mario Galaxy yang bahkan sama sekali tidak diumumkan. Pada akun tersebut juga memperlihatkan gambar maskot Nintendo yang memberikan jari tengah.

Menanggapi kekacauan tersebut, pihak twitter langsung menghentikan layanan Twitter Blue’s untuk sementara waktu. Pada tangal 11 November, pihak twitter kembali menghidupkan fitur verification dengan beberapa perubahan. Sekarang akun – akun yang dinyatakan verified secara resmi melalui tahap peninjauan akan muncul simbol centang official di samping centang biru pada akun tersebut.

Beberapa akun besar milik perusahaan, influencer, dan bintang terkenal telah menerima official badge di atas nama akun mereka. Tak hanya terpampang di profil pengguna, badge ini juga akan muncul di setiap tweet. Memudahkan orang lain tahu mana yang akun official dan yang verified melalui layanan berbayar.

Cukup aneh memang kelihatannya sistem ini. Para pengguna twitter sekarang harus ekstra dalam melihat suatu akun apakah akun tersebut memang benar official atau akun palsu yang mendapatkan verified dari layanan Twitter Blue’s.

Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa selalu kunjungi GAMEFINITY untuk update berita seputar game. Buat kalian yang bingung top up game dimana kalian bisa langsung klik Gamefinity.id

Share yuk !