Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Merakit PC dengan spesifikasi dewa memanglah salah satu idaman bagi para gamers saat ini, bayangkan saja, PC jaman sekarang sudah sangat powerfull hingga bisa melibas gaming console berkali – kali lipat (dengan asumsi uang bukan objek). Oke, anggap saja kalian sudah punya uang untuk merakit PC dan siap untuk merakitnya, sebelum itu, mari simak kesalahahan yang sering terjadi ini dan kalian harus hindari juga ya

 

  1. Tidak mengetahui komponen PC

Banyak sekali kejadian yang seperti ini, tidak megetahui komponen apa saja yang harus dibeli. Mulai dari merek apa yang diambil, spesifikasi apa yang diinginkan agar seusai budget, apakah motherboard yang diambil akan support dengan CPU yang ingin dibeli. Agar hal ini tidak terjadi, lebih baik kalian luangkan waktu untuk mencari informasi tentang ini.

 

  1. Beli PSU murahan

Ini paling sering yang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk menghemat uang, tapi untuk PSU jangan pernah memotong budget untuk membeli ini, atau akibatnya akan fatal. PSU ini bagaikan sebuah jantung di PC kalian, tidak ada jantung PC kalian tidak akan bisa hidup. Akibat dari PSU ini sangat fatal, banyak PC yang mengalami kebakaran gara gara menggunakan PSU abal – abal. Untuk memilih PSU senggannya kalian cari yang telah memiliki sertifikasi 80+ Bronze. Jikalau bisa ambil yang 80+ Platinum.

 

  1. Salah masang kabel PSU

Jikalau kalian bingung dengan kabel yang ada di PSU, lebih baik kalian baca buku petunjuknya deh. Ada beberapa kabel yang bentuknya mirip banget, kaya misalnya CPU 4+4 power pin dengan GPU 6+2 power pin, jikalau kalian salah masang ini, efek terburuknya PC kalian terbakar. Tapi tenang, bentuk colokan pin ini sebenarnya beda, dan tidak bisa di masukkan di tempat random. Kalian tidak bisa memasukan 4+4 CPU power pin ke 6+2 GPU power pin, dan sebaliknya. Jadi, jikalau tidak bisa masuk, jangan kalian paksakan oke!.

 

  1. Membuang dus/box

Sebenarnya boleh saja membuang dus/box, tapi jikalau kalian ingin claim garansi alangkah baiknya untuk membawa dusnya, dan lagian juga jikalau kalian ingin menjual kembali komponen PC kalian, dengan adanya dus/box ini kalian bisa mejualnnya sedikit lebih mahal dibandingkan batangan. Lebih baik mencari aman daripada mencari bahaya kan?

 

  1. Pasang CPU dengan benar!

Kesalahan umum bagi yang baru merakit PC nya, salah memasukan CPUnya, ini sangat fatal. Jika pin itu bengkok (pin motherboard di CPU intel, dan pin CPU di CPU AMD), selamat kalian sudah merusak komponen kalian, kalian harus beli lagi, tidak ada garansi untuk kerusakan ini. Jadi pastikan tanda panah yang ada di processor yang ada di CPU atau di motherboard supaya tidak salah masangnya.

 

  1. Airflow yang buruk

Banyak yang menganggap remeh hal ini, airflow case yang buruk akan berdampak suhu cpu dan gpu yang lebih tinggi dripada seharusnya. Jadi untuk meminimalisir hal ini, belilah fan case, dan pasang di case pc kalian, sekalian juga nambah estetika kok. Saya merekomendasikan 2 fan pull dan 2 fan out, pull yang berada di depan, dan out berada di belakang.

 

  1. Semua tentang thermal paste

Aturan pertama jika menginginkan PC kalian berjalan lebih adem, jangan pernah pakai thermal paste bawaan. Iya boleh sih sebenarnya pake, cuma performanya itu yang termasuk buruk. Thermal paste ini berguna untuk menghantarkan panas dari CPU/GPU ke heatsink, penghantar ini jelek maka sistem pendingin kalian juga tidak efisien. Kalian juga jangan menggunakan thermal paste terlalu banyak dan terlalu sedikit, kalau terlalu sedikit berimbas pada penghantaran panas yang tidak efisien, sedangkan terlalu banyak bakalan meluber kemana mana. Saya sangat merekomendasikan Noctua NT-H1.

 

  1. Tidak ada cable management

Ini penting loh. Selain estetika bakalan lebih bagus juga jika kabel kalian tertata rapi, tapi juga dapat meningkatkan airflow di case, dan debu akan bertumpuk jauh lebih lama dibandingkan kebel yang tertata rapi, ditambah jikalau tidak tertata, bisa bisa kalan sendiri yang bingung kabel yang mana nyambung nya kemana.

 

  1. Kabel fan cpu tidak terpasang

Bahkan penulis pernah kejadian ini, terdengar kecil sih tapi ini terlalu sering terjadi, tapi pastikan kabel fan ini terpasang ya daripada kalian bingung sendiri kok fan cpu nya ngga nyala, tau taunya kabelnya tidak terpasang.

 

  1. PASANG BACKPANEL, ASTAGA!

Dari sekian masalah yang sering terjad, ini paling sering terjadi, bahkan sering terjadi bagi yang sudah sering merakit PC. Yang jadi masalah adalah, jikalau kalian lupa memasang ini, kalian harus membongkar PC kalian hampir secara keseluruhan untuk memasang ini. Memang tidak apa apa backpanel ini tidak terpasang, cuma cicak dan kecoak bakal gampang masuk ke PC kamu. Bakal ada “bug” yang sebenarnya di PC kalian

 

  1. Front panel I/O tidak terpasang

Bingung kalian kenapa PC kalian tidak bisa dihidupkan badahal semua sudah terpasang, tapi sudah yakin belum kabel front panel I/O nya sudah terpasang dengan benar? Biasanya kalau tidak mau hidup, kalian salah masang kabel ini.

 

Jadi, setelah kalian baca ini, saya harap kalian tidak membuat banyak kesalahan dan menghindari kesalahan kesalahan yang sering terjadi ya

Share yuk !