Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Berita tidak mengenakan datang dari produk keyboard dan mouse yang dirilis oleh Razer. Dengan menancapkan keyboard atau mouse (dongle 2,4Ghz dari Razer jika keyboard atau mouse besutannya wireless) ke PC kalian, maka kalian akan langsung mendapatkan hak akses System Previlage.

Apa sih hak akses System Previlage ini dan apa imbasnya? Hak akses System Previlage ini berbeda dengan hak akses Administrator, hak akses System Previlage ini setingkat lebih tinggi dibandingkan hak akses Administrator. Hak akses ini memberikan kalian mengkontrol secara penuh sistem operasi windows kalian, yang berarti kalian dapat mengakses bagian internal services dan dapat memodifikasinya. Hak akses Administrator sebenarnya bisa memberikan kalian akses ke bagian internal services hanya saja kalian yang harus melakukannya dan memberikan akses secara manual (familiar dengan “Run as Administrator”?) sedangkan System Previlage tidak akan meminta sesuatu yang seperti itu.

Dengan bug itu, seseorang bisa saja memasukan mallware ataupun ransomware ke dalam PC seseorang ketika korban tersebut memasangkan perangkat keyboard ataupun mouse dari Razer. Bug ini pertama kali ditemukan oleh Johnat, ia mempublikasikan celah ini melalui akun Twitter pribadinya.

Cara kerjanya dari bug ini dengan pertama kali menancapkan produk keyboard atau mouse Razer dan windows akan automatis mendownload driver yang dibutuhkan dan menginstal Razer Synapse lalu di setup Razer Synapse ubahlah destinasi folder untuk menginstal Razer Synapse dan akan muncullah sebuah file manager, nah disini kalian tekan dan tahan Shift + klik kanan dan menekan menu “Open Powershell window here” maka Windows akan menampilkan Powershell dengan hak akses System Previlages.

Untuk saat ini Razer sedang berusaha memperbaiki bug keamanan ini, sementara waktu ini jikalau kalian entah kenapa bisa mendapatkan produk keyboard atau razer di depan rumah atau jalanan, lebih baik jangan digunakan daripada hal yang tidak di inginkan terjadi

Share yuk !