Kominfo, LIPI dan AGI Luncurkan Buku Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020

Eko Setiyawan, 28 April 2021

Kominfo, LIPI dan AGI Luncurkan Buku Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Dalam beberapa tahun terakhir, industri game di Indonesia mengalami peningkatan pesat, terutama di masa pandemi seperti ini. Kita bisa lihat betapa banyaknya game lokal yang muncul akhir-akhir ini. Hal ini berbanding terbalik dengan industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lain yang justru menurun saat pandemi melanda.

Dalam rangka pemahaman lebih lanjut dan pengoptimalan potensi industri game di Indonesia, Kominfo bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) meluncurkan buku digital “Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020” pada Kamis (22/4) yang lalu.

Buku ini adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh LIPI dengan fasilitas dari Kominfo yang melibatkan 80 koresponden dari pengembang dan penerbit industri game dengan skala bisnis yang bervariasi.

Peta Ekosistem Industri Game Indonesia

“Tujuan dari penyusunan laporan ini adalah untuk memetakan kondisi terkini dari ekosistem industri game di Indonesia, yang dapat membantu mengidentifikasi tantangan dan peluang yang terdapat dalam ekosistem industri game Indonesia saat ini,” ungkap Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo dalam siaran pers pada Kamis (22/04).

Menurut Dirjen Semuel, pemahaman akan industri game Indonesia yang baik dan mendalam diperlukan untuk menentukan inisiatif dan kebijakan yang tepat sasaran, termasuk dalam mengatasi beragam tantangan seperti penguatan sumber daya manusia, peningkatan mutu pendidikan, hingga masalah pendanaan bagi para pelaku industri game lokal.

Dengan buku ini diharapkan bisa menjawab pertanyaan para pelaku industri game tanah air dalam mengelola industri game agar bisa berkompetisi dengan para pemain global.

Dalam siaran pers tersebut, Ketua Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Iptekin LIPI, Dudi Hidayat mengatakan bahwa industri game Indonesia merupakan salah satu subsektor industri kreatif yang sangat potensial, terbukti dari besarnya pendapatan para pelaku industri game tanah air yang diperoleh dari pasar global tanpa terpengaruh dengan adanya pandemi Covid-19.

Nantinya, peran pemerintah juga diharapkan dalam mengakselerasi perkembangan industri game di tanah air sehingga industri game Indonesia bisa terus berkembang.

Sementara itu menurut Cipto Adiguno selaku Ketua Umum AGI, saat ini industri game Indonesia masih dalam masa awal pertumbuhan terlepas dari nilai ekonominya yang sangat besar. Sejumlah permasalahan masih perlu diselesaikan dari berbagai aspek. Inilah peran penting data-data hasil penelitian di buku ini dalam menyusun strategi yang efektif serta menjadi tolak ukur kesuksesan program yang akan dijalankan di masa mendatang.

Buku ini bisa tersedia secara gratis untuk diakses maupun didownload dengan mengunjungi link s.id/petagame2020.

Mumpung gratis, yuk dibaca biar taunya gak hanya main game saja, tapi juga industrinya di Indonesia.

author avatar
Eko Setiyawan
Seorang casual gamer yang tertarik dengan hal-hal yg berkaitan dengan PC, konsol serta gaming hardware.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: