Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – ZA/UM selaku kreator sekaligus pengembang game Disco Elysium melalui penyampaian sang Editor, Martin Luiga dinyatakan keluar dari perusahaan yang telah dirintisnya selama ini. Perginya  Kreator dan Pengembang ZA/UM ini bersamaan dengan penulis naskah, Helen Hindpere, ketua bagian penulisan naskah dan desainer Robert Kurvitz, serta ketua bagian desain dan ilustrasi Aleksander Rostov akhirnya resmi pamit dari Disco Elysium.

Martin lantas menyampaikan kabar tersebut di situs Medium.com, “Dengan mundurnya Kreator serta kedua anggota inti di asosiasi kebudayaan ZA/UM dengan ini saya bubarkan ZA/UM Cultural Association.” Kata Martin luiga di pengumumannya. Sampai saat ini masih belum diketahui apa penyebab pasti dari kepergian mereka ini

ZA/UM Dan Dua Rekan Yang Lainnya Telah Pergi Sejak Akhir Tahun Yang Lalu

ZA/UM
Disco Elysium | ZA/UM

Dinyatakan bahwa ZA/UM beserta Helen Hindpere, dan  Aleksander Rostov sudah tidak lagi bekerja di Asosiasi Budaya ZA/UM sejak akhir tahun yang lalu dan kabar hengkangnya mereka dilakukan secara tidak sengaja. Kepergian ketiga anggota ini lantas dikhawatirkan oleh pemain yang telah menunggu seri sekuelnya.

Baca juga: Eks Pegawai Tuding Nintendo Atas Pemecatan Dirinya

Diketahui Asosiasi Budaya ZA/UM yang didirikan oleh ZA/UM ini berbeda dengan studio game yang terkenal memproduksi game Disco Elysium. Luiga lantas memberikan alasan mengenai dibubarkannya organisasi tersebut, ia mengatakan bahwa ketidaksesuaian visi dan misi yang telah disepakati sejak awal menjadi penyebab pembubaran asosiasi tersebut.

“Ide serta opini seseorang memang abadi, tapi tidak dengan wadah yang menampungnya. Secara keseluruhan memang baik, akan tetapi kesalahan yang saya temui dilapangan dibuat secara kontingen. Saya masih mendorong mereka untuk berorganisasi, dan yang masih kurang dari ZA/UM ini adalah pada struktur formal, selebihnya sudah bagus. Dan saya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan kalian selama ini,” tutup Luiga.

Ia lantas juga menyalahkan beberapa investor yang telah membantunya selama ini, sambil juga mengakui jika tanpa kehadiran mereka game ini tidak akan berhasil seperti saat ini. “Bayangkan seorang kleptomania, alih-alih mereka mencuri , katakan ‘sebuah lollipop’ mereka bersusah payah untuk memanipulasi banyak orang untuk mencurinya, dan pada akhirnya mereka sangat mahir dalam operasi semacam itu, dan mereka benar-benar melakukannya, serius.”

“Dan salah satunya pernah dihukum atas penipuan yang dilakukannya di Estonia, tapi saya tidak tahu kalau kita telah mendapatkan investasi awal tanpa mereka ini. “ kata Luiga di postingannya.

Share yuk !