Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Durasi yang dibutuhkan untuk masuk ke title utama game Spider-Man: Miles Morales hanya memerlukan waktu dua detik. Hal ini terungkap dalam sebuah video yang diposting di Imgur dan diakses melalui Video Games Chronicle. Menurut video tersebut, waktu booting Miles Morales dari menu beranda PS5 hanya sekitar delapan detik.

Kecepatan akses adalah salah satu fitur andalan PlayStation 5. Disokong SSD dengan bandwidth tinggi dari konsol yang mampu mencapai kecepatan akses 5,5 GB / dtk, PS5 juga memiliki unit hardware yang didedikasikan untuk mendekompresi file, yang seharusnya menghasilkan waktu pemuatan (loading) yang lebih cepat. Dalam presentasi hardare PlayStation 5 awal tahun ini, arsitek PS5 Mark Cerny mengklaim bahwa SSD dapat memuat data 2GB dalam seperempat detik. Ini dapat memengaruhi tidak hanya waktu pemuatan, tetapi secara fundamental mengubah cara pengembang game membangun dunia game mereka.

Alih-alih menyembunyikan lingkungan di balik pemandangan atau koridor panjang yang dirancang untuk menutupi beban, pengembang PS5 mengklaim konsolnya tersebut dapat membuat lingkungan yang jauh lebih luas dan mendetail tanpa takut masalah memori. Sebagai pembanding, Xbox Series X juga memiliki SSD khusus. Namun kinerja throughput mentahnya dikatakan hanya setengah dari PS5. Pada bulan Agustus, direktur God of War, Cory Barlog menyebut SSD dari PlayStation 5 “luar biasa” dan menjadi keunggulan dari konsol next-gen tersebut.

Tampil di Animal Talking, direktur kreatif SIE Santa Monica Studio mengatakan bahwa pengembang harus berusaha keras untuk menutupi waktu pemuatan dalam seri God of War di konsol generasi sebelumnya. Hal ini tidak diperlukan di PS5.

“Sebenarnya cukup mengasyikkan. Ada banyak hal yang telah kami mainkan dan lihat, terutama bagi saya SSD-nya yang luar biasa. Saya tidak sabar dan saya tidak suka waktu muat apa pun. Kami telah berusaha keras dalam seri ini, melakukan semua peningkatan dan sebagainya.”

Share yuk !