Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Marvel comics memperkenalkan Aaron Fischer, seorang remaja gay yang akan berperan sebagai Captain America. Tahun ini Marvel Comics merayakan ulang tahun ke-80 karakter pahlawan AS tersebut.

Sebagai bagian dari perayaan itu, mereka meluncurkan serial komik baru, The United States of Captain America. Steve Rogers yang selama ini dikenal sebagai Captain America bekerja sama dengan mantan Captain Amerika lainnya ketika perisainya hilang.

Para pahlawan akan melakukan perjalanan darat melintasi AS untuk menemukan perisai, dan akan bertemu orang-orang dari “semua lapisan masyarakat” yang telah mengambil peran sebagai Captain America untuk mempertahankan komunitas mereka.

Aaron Fischer, seorang remaja gay, akan menjadi yang pertama diperkenalkan dalam seri terbatas yang dirilis pada bulan Juni. Aaron Fischer disebut sebagai seorang remaja yang “mewakili yang tertindas, dan yang dilupakan” dan akan menjadi karakter LGBTQ+ pertama yang mengambil peran sebagai Captain America.

Marvel menggambarkan Fischer sebagai “Captain America of the Railways”, seorang “remaja pemberani yang berperan melindungi sesama orang-orang dalam pelarian dan yang tidak memiliki rumah”. Waktu debutnya akan bertepatan dengan Bulan Pride di AS, Juni.

“Aaron terinspirasi oleh pahlawan komunitas queer: aktivis, pemimpin, dan orang biasa yang membuat kehidupan menjadi lebih baik,” kata penulis serial Josh Trujillo. “Dia mewakili yang tertindas, dan yang terlupakan. Saya berharap kisah debutnya beresonansi dengan para pembaca, untuk menginspirasi generasi pahlawan berikutnya.”

Seniman Jan Bazaldua sang kreator karakter Fischer mengatakan dia “sangat menikmati” karyanya tersebut. Jan Bazaldua sendiri adalah seorang transgender.

“Sebagai seorang transgender, saya senang bisa menampilkan seorang gay yang mengagumi Captain America dan berjuang melawan kejahatan untuk membantu mereka yang hampir tidak terlihat oleh masyarakat,” kata Bazaldua.

“Saat saya menggambarnya, saya berpikir, Cap bertarung melawan makhluk super kuat dan hampir selalu menyelamatkan dunia. Tetapi Aaron membantu mereka yang berjalan sendirian di jalan dengan masalah yang mereka hadapi setiap hari.”

Sekadar informasi, pada tahun 1980-an Marvel sempat memiliki kebijakan “Tidak Ada gay di Alam Semesta Marvel”. Sementara di tahun 1990-an, mereka menempatkan label “Khusus Dewasa” pada setiap komik yang menampilkan karakter LGBTQ+, sebagai tanggapan atas protes kaum konservatif.

Sementara itu, Aaron Fischer sendiri bukanlah karakter gay pertama Marvel. Ialah karakter X-Men, Northstar dari tim superhero Kanada, Alpha Flight yang diciptakan John Byrne pada tahun 1979. Tetapi orientasi seksualnya tidak pernah diungkap hingga tahun 1992.

Dalam beberapa tahun terakhir, Marvel memang telah bergerak untuk mendiversifikasi pemeran pahlawan supernya. Hulkling dan Wiccan dari Young Avengers diketahui berpacaran pada 2010. Pada tahun 2012 Northstar akhirnya menikahi pasangan lamanya dalam pernikahan pertama sesama jenis di semesta Marvel.

Tahun 2015, Iceman, salah satu anggota X-Men asli yang dibuat oleh Stan Lee dan Jack Kirby pada tahun 1963 mengungkapkan jati dirinya sebagai gay. Sementara rival Marvel, DC Comic juga pernah menciptakan pernikahan sesama jenis antara Apollo dan Midnighter, yang menikah dalam serial The Authority tahun 2002.

Share yuk !