Share yuk !

GAMEFINITY, Jakarta – Catur fischer, atau catur 960 adalah salah satu jenis format permainan catur yang sering digunakan oleh para pemain catur professional. Sama seperti duel catur yang dilakukan oleh World Grand Master Irene Sukandar Melawan Gotham Chess tadi malam.

Jika kalian menonton pertandingan catur antara Irene Sukandar melawan Gotham Chess yang berakhir pada hasil akhir yaitu 2:2, kalian juga seharusnya bisa melihat bahwa mode permainan yang digunakan cukup berbeda dari pertandingan biasanya.

Catur 960 sendiri adalah format permainan catur dimana posisi dari bidak catur ditempatkan secara acak dan tidak seperti posisi pada umumnya. Dengan adanya pola acak ini, para pemain tentunya tidak bisa menggunakan teori pembukaan catur yang biasanya.

Dan juga pola permainan tentunya akan berubah, dan sangat jauh berbeda dari pola permainan catur pada umumnya, seperti namanya, format permainan catur ini dikenalkan pertama kali oleh legenda permainan catur yaitu, Bobby Fischer.

Acak Tapi Tidak Acak-Acakan

Jika kalian beranggapan “kalau bidak caturnya diacak, berarti permainannya juga asal-asalan dong”, tidak, kalian salah besar, meskipun posisi bidak diacak, tetap ada ketentuan yang diterapkan, diantaranya bidak catur gajah harus tetap diletakan di dua kotak beda warna dan untuk bidak catur raja harus berdiri di antara bidak benteng. Yang berarti raja tidak bisa ditempatkan disudut papan.

Dan untuk akhir permainannya sendiri masih sama seperti pola permainan catur pada umumnya, yaitu checkmate, stailmate, atau juga berakhirnya waktu permainan.

Tanggapan Irene dan Gotham tentang Mode Permainan Catur 960

Menurut WGM Irene Sukandar format catur 960 ini sangat seru karena memicu kreatifitas dari pemain dan juga tidak terpaku pada pola permainan catur biasa.

Dan dari Gotham sendiri bercerita, pada saat dirinya mengajar catur, ada salah satu muridnya yang sangat hebat sekali, sampai para murid lainnya enggan untuk berhadapan dengan dirinya. Lalu Gotham menggunakan format catur 960 pada pertandingan antar murid, agar tetap menarik dan sulit untuk diprediksi.

Share yuk !