Share yuk !

GAMEFINITY.ID, KOTA BATU – Apakah kalian merasa asing dengan game berjenis “Visual Novel”? Atau sebaliknya kalian sudah mengetahui seluk beluk dari game “Visual Novel”? Disini kita akan membahas mengenai apa itu Visual Novel game atau biasa disebut VN.

Apa itu Visual Novel Game?

Visual Novel merupakan genre video game fiksi interaktif yang menampilkan teks sebagai elemen utama yang disertai dengan gambar statis yang biasanya memiliki gaya anime sebagai elemen pendukung. VN sendiri sangat populer di Jepang. Hal ini yang menjadi penyebab mengapa banyak seri game VN terkenal berasal dari negara sakura tersebut. Contoh game VN ternama dari Jepang adalah “Danganronpa Series” yang mengajak kalian untuk mengungkap pembunuhan dalam sebuah survival game, dan tidak lupa “Fate Series” yang juga terkenal dalam adaptasi animasinya.

Gameplay

Secara garis besar, para pemain dituntut untuk membaca alur cerita dan menentukan pilihan yang akan membawa pemain pada ending yang berbeda di setiap pilihannya. Saat bermain, pemain juga dimanjakan dengan berbagai art bergaya anime yang akan menemani setiap waktu. Meski terkesan sederhana, mendapatkan ending yang diharapkan bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Beberapa pilihan di awal game dapat mengerucutkan pilihan ending yang tersedia di akhir permainan. Hal ini didukung dengan cerita yang dapat memakan waktu lebih dari 50 jam untuk menamatkannya.

Sejarah

Game VN sendiri bukanlah sebuah hal yang baru tiba pada tahun 2000-an. “Portopia Serial Murder Case merupakan game besutan Enix yang rilis pada tahun 1983 untuk platform NEC PC-6001. Game VN ini menampilkan gambar statis yang disertai dengan teks yang berada di bagian bawahnya.

Pada 1988, Konami merilis sebuah game rancangan Hideo Kojima berjudul “Snatcher” yang memberi dampak yang cukup besar dalam perkembangan game VN. Game ini menghadirkan beberapa animasi bergerak, musik, dan juga art dengan cyberpunk yang detail. Game VN menemui jalannya di Amerika Utara pada awal tahun 2000-an. Game Phoenix Wright: Ace Attorney dan Professor Layton memepopulerkan genre game ini di dunia internasional.

Apakah Visual Novel Merupakan Sebuah Game atau Buku Interaktif?

Banyak orang mendebatkan apakah VN termasuk ke dalam kategori game atau buku/novel interaktif. Dalam kamus Merriam-Webster game didefinisikan sebagai sebuah game elektronik dimana pemain mengontrol gambar di sebuah layar. Meskipun definisi tersebut terkesan meragukan, pada kenyataanya para pemain juga menekan sebuah tombol atau melakukan sesuatu agar sesuatu terjadi di layar. Hal ini juga berlaku pada para pemain game VN karena mereka juga melakukan sesuatu untuk melanjutkan cerita.

Rekomendasi Visual Novel Game

Untuk kalian yang ingin bermain game VN, saya akan merekomendasikan beberapa judul VN ternama. Tolong patuhi age restriction masing-masing game, hal ini dikarenakan beberapa konten pada game ini merupakan konten sensitif. Dan jangan lupa beristirahat karena beberapa game VN bukanlah game yang harus ditamatkan dalam sekali duduk.

  1. Danganronpa Trigger Happy Havoc (Platform: Android, PSP. Nintendo Switch, PS 4, PS VITA, Windows, iOS, MacOS, Linux) (Game Length: 20-25 Jam)
  2. Fate/Stay Night (Platform: Windows, PS 2, PS VITA, iOS, Android) (Game Length: 63 Jam)
  3. Phoenix Wright: Ace Attorney (Platform: NDS, Android, 3DS, Nintendo Switch, GBA, PS 4, Xbox One, Wii, Windows, iOS) (Game Length: 17 Jam)
  4. Steins; Gate (Platform: PS 4, Android, PS VITA, PSP, iOS, PS 3, Windows, Xbox 360) (Game Length: 27 Jam)
  5. Love Convention (Platform: Android) (Game Length: Rata-rata 30 menit per satu karakter ending)
Share yuk !