Share yuk !

GAMIFINITY.ID, Jember – Baru-baru ini aset virtual seperti foto dan video marak dijual dalam bentuk NFT (Non-Fungible Token). Salah satu yang terkenal adalah twit pertama pendiri Twitter, Jack Dorsey yang dilelang dan berhasil terjual pada kisaran harga 42 milyar.

Aset-aset virtual yang telah terjual tersebut nantinya akan mempunyai sertifikat digital yang menandakan bukti keaslian aset walaupun tiruannya sudah banyak yang ada di media sosial.

Nantinya, karya yang terjual dalam bentuk NFT akan tercatat ke dalam blockchain. Blockchain merupakan sebuah “buku besar” digital yang mirip dengan kripto.

Pada saat ini, NFT tidak hanya menjual aset virtual namun kini merambah ke dunia game. Lantas apa itu NFT Gaming? Simak ulasannya di bawah ini:

Pengertian NFT Gaming

NFT Gaming adalah usaha-usaha untuk memperoleh uang kripto atau sering disebut play to earn. Para pemain NFT Gaming akan mengumpulkan aset yang nantinya dapat di convert menjadi sebuah kripto.

Saat ini banyak game yang dapat dikategorikan ke dalam NFT, salah satunya adalah Axie Infinity. Hal ini dapat dikatakan cukup baru dan berpotensi mengubah stigma orang tentang game, begitupun bagi para gamers yang sering menghabiskan uangnya demi membeli berbagai in-game item favorit.

Jika biasanya para game membeli item dalam game dan uangnya tidak dapat dikembalikan, maka dengan hadirnya NFT, para pemain dapat menukarkan uang di dalam game menjadi uang asli.

Contoh NFT Gaming

Seperti yang sudah disinggung di atas, game Axie Infinity merupakan salah satu game populer yang menerapkan mekanisme NFT. Pada game tersebut pemain dapat mengumpulkan aset berharga yaitu SLP (Small Love Potion). Untuk mendapatkannya pemain hanya mengalahkan pemain lainnya yang dilakukan dengan cara bertarung.

Small Love Potion yang terkumpul dapat ditukarkan ke dalam aset mata uang kripto dan nantinya dapat di ubah menjadi mata uang asli.

Contoh lain NFT Gaming, adalah yang terdapat pada game RPG Guild of Guardian. Para pemain dapat mengumpulkan NFT dengan cara mengalahkan para momster dan juga beragam barang unik yang dapat digunakan di dalam game.

Aset NFT yang terkumpul nantinya dapat ditukarkan ke pasar terbuka yang ada di dalam game itu, ataupun ditukarkan ke dalam mata uang kripto.

Semakin Populer

Sejak munculnya Covid-19 pada 2019 lalu, konsep game yang menerapkan NFT semakin diminati oleh para gamers. Hal ini tidak lepas dari maraknya kegiatan WFH yang membuat orang mencari hiburan namun juga menghasilkan pundi-pundi uang.

Namun, hal ini kembali kepada para pengembang, bagaimana mereka dapat menerapkan NFT serta juga dapat mempopulerkan game tersebut sehingga para pemainnya pun bertambah banya

Share yuk !