Microsoft Buat Program Baru Supaya Game Bisa Lebih Diakses Penyandang Disabilitas

Thomas Rizal, 17 Februari 2021

Microsoft Buat Program Baru Supaya Game Bisa Lebih Diakses Penyandang DisabilitasGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Microsoft memperluas upaya aksesibilitasnya dengan program baru untuk mengevaluasi game Xbox dan PC. Tim aksesibilitas game mengumumkan bahwa pengembang dapat mengirim game mereka untuk dievaluasi aksesibilitasnya dan diuji oleh pemain penyandang disabilitas.

“Pengembang sekarang memiliki opsi untuk mengirimkan judul Xbox atau PC mereka kepada Microsoft dan menganalisa serta memvalidasi terhadap rekomendasi yang diberikan di XAG,” kata Microsoft dikutip dari The Verge, Rabu (17/2/2021).

Program ini diumumkan bersamaan dengan pembaruan pada Pedoman Aksesibilitas Xbox yang dirilis pada awal 2020. Panduan Aksesibilitas Xbox mencakup penjelasan menyeluruh tentang pertimbangan desain inklusif untuk pengembang, dan sekarang diperbarui untuk menyertakan bahasa yang lebih jelas, konteks tambahan, dan contoh implementasi.

Laporan pengujian game akan menyertakan tanggapan dari pemain penyandang disabilitas, serta tautan ke informasi tentang desain inklusif, lembaga nonprofit yang relevan, dan pakar aksesibilitas.

Masalah apa pun yang ditemukan selama pengujian akan “dicatat dengan langkah-langkah reproduksi, tangkapan layar, dan informasi lain untuk membantu pengembang memahami aspek apa dari pengalaman tertentu yang mungkin menantang bagi gamer penyandang disabilitas tertentu,” menurut Microsoft.

Sekadar informasi, saat ini lebih banyak perusahaan telah berfokus pada aksesibilitas game dalam beberapa tahun terakhir. Seperti yang dilakukan Microsoft dengan Xbox Adaptive Controller, lalu juga Naughty Dog dengan game The Last of Us Part II. Program seperti ini berpotensi menghasilkan lebih banyak game dengan beragam opsi aksesibilitas.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: