Nintendo Perluas Kantornya di Kyoto!

Dimas Galih Putrawan, 14 April 2022

Nintendo Perluas Kantornya di Kyoto!Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, BANDUNG  – Nintendo baru-baru ini sudah membeli tanah berluas 10 ribu meter persegi tepat di dekat markas utamanya di Kyoto seharga 5 juta yen (setara 573 juta rupiah)! Nintendo bertujuan untuk memperluas area kantornya di sana.

Pembuat franchise Super Mario Bros. dan Pokemon itu berencana untuk membangun gedung pusat riset dan pengembangan atau R&D. Bangunan yang tentatif dinamakan “Corporate Headquarters Development Centre Building No 2” itu akan memiliki 12 lantai dan dijadwalkan selesai pada 2027 mendatang.

Sebelumnya tanah tersebut dipakai sebagai pabrik dan pusat pencegahan bencana yang dimiliki pemerintah Kyoto. Tujuannya, Nintendo akan memperkuat peran penting riset dan pengembangan perusahaan. Pastinya, Nintendo akan mengandalkan kantor baru ini untuk pengembangan teknologi console dan game buatan mereka, terutama untuk Switch.

Pembelian tanah baru ini adalah langkah selanjutnya bagi Nintendo untuk memperluas operasional di Jepang, terutama dalam berinvestasi dalam bidang riset dan pengembangan. Terlebih, keputusan ini diambil karena kesuksesan besar konsol game Switch.

Lokasi kantor baru Nintendo
Area yang ditandai merah merupakan lokasi proyek kantor RD baru Nintendo

Nintendo Juga Dapat Bantuan Pemerintah

Nintendo juga akan mendapat 100 juta yen dari pemerintah sebagai bagian dari Sistem Promosi Lokasi Korporat Kyoto (Kyoto’s Corporate Location Promotion System) setiap tahunnya untuk membantu menutupi biaya operasional. Sistem ini akan berjalan dalam rentang tiga tahun ke depan. Namun, hal ini bergantung pada jumlah karyawan baru yang diperkerjakan di kantor baru Nintendo itu.

Ironisnya, IGN melaporkan bahwa Nintendo sudah menutup dua kantornya di Amerika Utara pada akhir Oktober lalu. Kedua lokasi kantor tersebut berada di Redwood City, California, Amerika Serikat dan Toronto, Ontario, Kanada. Keputusan ini diambil untuk mengonsolidasi kantor fisiknya karena pandemi COVID-19.

Sementara itu, pada Februari, Nintendo juga mengumumkan akuisisi perusahaan pengembang SRD ltd bermarkas di Tokyo. SRD ltd telah membantu Nintendo mengembangkan beberapa game dan franchise-nya selama 40 tahun terakhir termasuk Animal Crossing: New Horizons, Zelda: Breath of the Wild, Mario Kart Tour, Super Mario 64, dan Wii Fit. 

Baca juga: Nintendo dan Revolusi Handheld Console

Apakah dengan selesainya kantor baru Nintendo pada 2027 mendatang, akan ada konsol Switch versi lebih mutakhir?

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: