Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Singkawang – Kabar tidak menyenangkan untuk para gamers kali ini datang dari Ukraina. Para penambang coin kripto tampaknya mulai menggunakan konsol PlayStation 4 sebagai alat menambangnya.

Kabar ini awalnya datang dari Security Service of Ukraine (SSU) yang melaporkan bahwa mereka telah menemukan dan menghentikan kegiatan tambang kripto rahasia di kota Vinnytsia. Pelaku penambangan ini melakukan kegiatannya di sebuah gedung tua agar tak terdeteksi oleh petugas setempat. Parahnya lagi, diam-diam menyadap jaringan listrik kota untuk melakukan kegiatan penambangan tersebut.

Uniknya, Security Service of Ukraine (SSU) melaporkan para cryptominers tertangkap memiliki konsol PlayStation 4 dengan jumlah yang sangat banyak. Terhitung pihak Ukraina telah menemukan dan menyita total 5.000 unit hardware termasuk 3.800 unit konsol PlayStation 4, lalu juga ada 500 unit VGA, dan 50 prosesor.

Adanya PlayStation 4 dalam gedung miners ini terdengar aneh mengingat biasanya penambang hanya menggunakan kartu grafis dalam rignya. Namun jika melihat lebih dalam, ternyata PlayStation 4 sangatlah worth it jika digunakan sebagai alat tambang kripto.

Menurut Tom’s Hardware, konsol PlayStation 4 memiliki spek memori GDDR5 8GB dengan clock 5,5 Gbps. Di seluruh interface memori 256-bit, PlayStation  4 memberikan bandwidth memori hingga 176 GBps. Sedangkan pada varian PlayStation yang Pro, memiliki memori yang berjalan pada 6,8 Gbps, menawarkan hingga 217,6 GBps.

Spek yang dimiliki oleh PlayStation 4 Pro ini ternyata juga setara dengan VGA jenis Radeon RX 580 yang merupakan VGA tambang kripto terbaik saat ini.

Selain itu, sebelumnya juga hadir sebuah laporan yang mengabarkan bahwa adanya proyek DIY dengan Game Boy yang bisa menambang Bitcoin.

Jadi penemuan PlayStation 4 oleh SSU ini terbilang masuk akal mengingat bahwa mungkin para penambang di Ukraina yang mereka grebek tersebut telah mengetahui cara menggunakan PS 4 menjadi alat tambangnya.

Share yuk !