Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Pemilik TikTok, ByteDance mengatakan pada hari Senin bahwa unit video game Nuverse telah setuju untuk mengakuisisi Moonton Technology yang berbasis di Shanghai, sebagai bagian dari usaha perusahaan memperluas lebih jauh bisnis video gamenya.

Akuisisi ini merupakan terobosan besar dalam bisnis video game, menempatkan ByteDance dalam persaingan langsung dengan Tencent China.

“Melalui kolaborasi lintas tim dan memanfaatkan pelajaran serta wawasan dari pertumbuhannya yang pesat, Moonton memberikan dukungan strategis yang diperlukan untuk mempercepat penawaran game global Nuverse,” kata ByteDance dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters.

Dalam memo internal, Yuan Jing, CEO Moonton mengatakan perusahaan akan beroperasi secara independen dari ByteDance setelah akuisisi. Sumber anonim Reuters mengatakan saat ini Moonton tidak berwenang untuk berbicara dengan pers.

Moonton Technology yang didirikan oleh seorang mantan karyawan Tencent, dikenal luas di Asia Tenggara dengan game multiplayer online battle arena (MOBA) Mobile Legends. Tencent, perusahaan video game dan media sosial terbesar di China, sempat mengajukan penawaran untuk Moonton tetapi tawaran itu akhirnya dilampaui Bytedance pekan lalu.

Saat dihubungi Reuters, Tencent mengatakan tidak mengomentari spekulasi pasar. Akuisisi ini berarti ByteDance sekarang memiliki game MOBA yang dapat bersaing dengan Honor of Kings dan League of Legends milik Tencent, yang selama ini dianggap sebagai sumber pundi-pundi milik Tencent.

Sejak 2017, Tencent dan Riot Games telah mengajukan beberapa gugatan terhadap Moonton atas apa yang mereka sebut sebagai pelanggaran hak cipta. Pasalnya, beberapa elemen Mobile Legends dianggap merupakan plagiat dari konten milik League of Legends.

 

Share yuk !