Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Seperti yang dilansir dari Gamebrott, beberapa hari yang lalu PBESI melaksanakan acara Prescon yang berisikan terkait dengan Esport PON XX Papua 2021. Dengan adanya acara ini, maka Esport sudah resmi menjadi salah satu cabang olahraga di Indonesia. Acara Prescon ini dilakukan secara online. Disaat yang bersamaan, PBESI mengumumkan Garudaku.com, sebuah website yang berisikan database tentang atlit Esport, tim dan stakeholder Esport yang ada di Indonesia.

PBESI mengumumkan bahwa game yang akan dipertandingkan pada PON XX Papua 2021 merupakan game yang terkenal dan daapt dijangkau oleh banyak masyarakat Indonesia. Game yang akan dipertandingkan ada Mobile Legends, Lokapala, Free Fire dan eFootball 2021. Dari judul game tersebut, terlihat tidak adanya game dari platform PC (untuk eFootball 2021 yang digunakan versi platform konsol), ini dikarenakan para gamers di Indonesia masih sedikit yang mendapat akses ke platform PC.

PBESI mengatakan bahwa game Lokapala masuk kedalam game yang dilombakan di PON XX Papua 2021 berguna untuk mendukung perkembangan developer game lokal. PBESI juga mengumumkan Kartu Esport Indonesia (KEI), kartu ini berguna untuk memberikan identitas kepada atlit Esport bahwa dirinya berada di bawah naungan PBESI. Direncanakan juga kartu ini dapat digunakan sebagai transaksi payment gateway atau sebagainya dan jikalau atlit Esport tersebut ketahuan melakukan kecurangan maka kecurangan dan sanskinya dapat ditulis ke dalam kartu ini.

Salah satu penulis dari Gamebrott menanya kan tentang regulasi dari PBESI, apakah regulasi ini akan diberlakukan hanya untuk game yang dilombakan di PON XX Papua 2021 saja dan jikalau diberlakuan, apakah berarti game tersebut sudah diakui oleh PBESI?

Pihak PBESI pun menjawab “jadi Regulasi PBESI, judulnya adalah Peraturan Pengurus Besar Esport Indonesia. Jadi peraturan itu mengatur rumah Pengurus Besar Esport Indonesia. Jadi bukan peraturan Republik Indonesia, tapi Peraturan Pengurus Besar Esports Indonesia. Sama seperti PSSI memiliki peraturan. Aturan PSSI mengatur rumah dari PSSI itu sendiri. Jadi siapapun yang termasuk dalam PBESI tentunya akan terikat dengan peraturan itu”.

Sambung dari PBESI “Jadi kita jelaskan bahwa itu judulnya adalah Peraturan PBESI. Peraturan itu merupakan turunan UUD no 3 tahun 2005 sistem olahraga nasional dimana semua liga olahraga di Indonesia di bawah naungan PB masing masing. PBESI dituntut sebagai wadah olahraga prestasi Esport secara resmi oleh Pemerintah Indonesia. Di situu PBESI mengatur seluruh ekosistem yang ada di dalam PBESI”. Mengakhiri jawaban yang diberikan oleh pihak PBESI.

Share yuk !