Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Pada Minggu, 12 Juni 2022 kemarin, Atlus melalui  Xbox & Bethesda Games Showcase mengumumkan perilisan Persona 3 Portable, Persona 4 Golden, dan Persona 5 Royal ke platform Xbox dan PC. Tiga seri Persona tersebut akan di port secara bertahap untuk Xbox One, Xbox Series X, dan juga PC. Selain itu, setiap seri Persona tersebut juga akan masuk di Xbox Game Pass yang bisa langsung kita mainkan di hari pertama perilisannya jika sudah berlangganan.

Rumor tentang rilisnya seri Persona ke Xbox dan PC tersebut memang sudah muncul sejak awal tahun ini. Namun siapa sangka bahwa pengumuman perilisan dari ketiga seri Persona ini akan datang pada tahun ini.

Sebelumnya, Atlus juga telah merilis Persona 4 Golden di PC pada 2020 lalu. Game yang pada awalnya eksklusif untuk PS Vita tersebut memang sudah banyak ditunggu oleh para fans untuk rilis di PC. Pasalnya, konsol handheld tersebut kurang laku dan tidak mempunyai banyak opsi game yang bisa dimainkan. Jadi banyak fans yang masih enggan membeli PS Vita hanya untuk memainkan Persona 4 Golden saja.

Baca Juga: Review Persona 4 Golden, Entri Terbaik Dari Seri Persona

Alasan Atlus Memilih Persona 3 Portable Dibanding Persona 3 FES

Hal yang menarik disini adalah untuk seri Persona 3nya, dimana Atlus malah memilih untuk memporting Persona 3 Portable ke PC dan Xbox dibanding Persona 3 FES. Hal tersebut dirasa kurang cocok oleh para fans. Karena Persona 3 Portable sendiri mempunyai gameplay yang ditujukan untuk konsol Portable, yaitu PSP.

Melalui beberapa pembahasan di forum Persona, para fans berspekulasi bahwa alasan Atlus lebih memilih Persona 3 Portable dibanding Persona 3 FES adalah karena program yang digunakan Persona 3 Fes terlalu kun dan berantakan. Hal tersebut membuat proses porting pada Persona 3 FES cenderung menjadi rumit. Karena hal tersebutlah, Atlus lebih memilih untuk mem-porting Persona 3 Portable.

Selain itu, mekanisme battle pada Persona 3 FES juga cenderung lebih menjengkelkan. Hal tersebut karena dalam battle encounter di Persona 3 FES, kita hanya bisa menggerakkan karakter kita saja. Semua karakter sampingan yang berada dalam tim hanya bisa kita beri command untuk fokus menyerang atau bertahan.

Selain itu, dalam Persona 3 Portable terdapat opsi karakter wanita yang bisa kita mainkan. Hal tersebut juga mempengaruhi beberapa side story dan mekanik Social Link dalam game tersebut, meskipun pada akhirnya cerita utamanya tetap sama.

Persona
Persona 3,4, dan 5 Gameplay

Game Persona pertama yang akan rilis untuk Xbox dan PC adalah Persona 5 Royal. P5R akan rilis pada 21 Oktober tahun ini. Untuk Persona 3 Portable dan Persona 4 Golden, belum ada tanggal pasti yang diumumkan. Namun, Atlus telah mengkonfirmasi bahwa kedua game tersebut akan rilis pada tahun depan.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Gamefinity. Tetap menjadi gamer yang sultan dengan top up mudah dan murah di gamefinity.id

Share yuk !