Politisi Amerika Ini Gunakan Livestream Sebagai Sarana Kampanye

Safri Iqbal, 20 Juni 2021

Politisi Amerika Ini Gunakan Livestream Sebagai Sarana KampanyeGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Dalam menyampaikan visi misinya, politikus biasanya menggunakan media mainstream seperti televisi, koran, dan sebagainya. Namun seorang politisi Amerika Serikat punya cara yang berbeda untuk menarik minat anak muda.

Alexandria Ocasio-Cortez, seorang anggota kongres Amerika Serikat dari Partai Demokrat memilih untuk menggunakan platform livestream Twitch untuk berkampanye sambil meraih perhatian pemuda di Amerika Serikat.

Nama Alexandria Ocasio-Cortez sendiri sangat dikenal oleh publik Amerika Serikat. Ia merupakan politisi termuda yang menduduki kursi kongres Amerika Serikat pada umur 29 tahun.

Selain itu Ocasio-Cortez juga terkenal di kalangan anak muda dengan pemikirannya yang sangat progresif.

Debut Livestream Alexandria Ocasio-Cortez

Ocasio-Cortez pertama kali mencoba livestream pada 19 Oktober 2020 lalu. Pada awalnya, alasan mengapa ia mencoba livestream di platform Twitch adalah untuk menghibur warga Amerika Serikat yang harus menetap di rumah karena pandemi.

Dalam debutnya sebagai livestreamer, Ocasio-Cortez mencoba untuk bermain game yang sedang tren saat itu, Among Us.

Ocasio-Cortez turut menggandeng para streamer ternama seperti Pokimane, James Charles, Greg Miller, dan lain-lain.

Debut Ocasio-Cortez ternyata sangat sukses. Dalam stream perdananya ia berhasil mendapatkan 435,000 penonton. Kini stream tersebut sudah mencapai lebih dari 5 juta penonton, menempatkan posisinya di tiga besar most viewed stream di Twitch.

Melihat kesuksesan tersebut, Ocasio-Cortez kini mulai menyampaikan visi misi dari kongres Amerika Serikat dan Partai Demokrat pada livestreamnya.

Selain itu ia juga mencoba merangkul para pemuda untuk ikut aktif dalam dinamika politik di Amerika Serikat.

Politisi Lain Yang Mencoba Livestream

Manuver Alexandria Ocasio-Cortez dalam berkampanye menggunakan Twitch mulai menarik perhatian politisi lain untuk mengikuti jejaknya.

Rekan Ocasio-Cortez di kongres dan Partai Demokrat, Ilhan Omar mulai mengikuti jejak kawannya dan memulai karir sebagai streamer. Ia bahkan mulai merakit PC Gamingnya sendiri sebagai sarana bermain game dan livestream. Tak jarang ia turut ikut bermain Among Us bersama Ocasio-Cortez.

Kemudian politisi Demokrat ternama, Bernie Sanders juga mulai memanfaatkan platform Twitch untuk menyiarkan kampanye miliknya.

Dalam channel livestreamnya, ia melakukan kampanye model “Town Hall Meeting” dimana Bernie bertemu langsung dan mendengarkan keluhan atau aspirasi warga Amerika Serikat.

author avatar
Safri Iqbal
Penggemar Dota 2 dan JRPG. Sosok manusia yang terlalu bodoh untuk menyerah. Pengikut setia serial game Final Fantasy, Shin Megami Tensei, The Legend of Heroes dan Ys.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: