Produser eFootball Ungkap Alasan Dan Proses Perubahan PES ke eFootball

Safri Iqbal, 17 Agustus 2021

Produser eFootball Ungkap Alasan Dan Proses Perubahan PES ke eFootballGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Perubahan total seri game sepakbola Pro Evolution Soccer (PES) menjadi eFootball merupakan salah satu langkah terbesar yang diambil oleh Konami. Langkah ini tentunya menimbulkan berbagai pertanyaan dari para fans PES tentang apa alasan dan bagaimana proses perubahan PES ke eFootball.

Produser eFootball Seitaro Kimura menjawab berbagai pertanyaan dari para fans tersebut. Lewat interviewnya dengan TechRadar ia menjelaskan secara detail bagaimana ide dan proses pengembangan eFootball.

Perubahan Nama dari PES ke eFootball

Kimura menjelaskan alasan mengapa Konami memutuskan untuk mengubah nama seri yang telah mendunia selama lebih dari 20 tahun. Menurutnya perubahan nama ini dilakukan untuk menjadikan PES sebagai global Esports scene.

“Mengikuti perubahan besar dalam mesin game dan aspek bisnis, kami ingin membuat cross-platform Esports scene secara global. Untuk tujuan ini, kami membuat keputusan untuk menyatukan ‘Winning Eleven’ di Jepang dan ‘PES’ di luar negeri menjadi ‘eFootball’.”

Free to Play dan Mencegah Praktik Pay to Win

Perubahan eFootball menjadi game free to play tentunya mengubah fokus eFootball menuju ke aspek multiplayer. Namun praktek game free to play ini biasanya menghadirkan sistem pay to win sebagai sarana monetisasi.

Mendengar hal ini, Kimura menjamin bahwa eFootball tidak akan menghadirkan sistem pay to win dan tetap menjaga permainan yang adil bagi semua pemain.

“Kami berfokus untuk memastikan bahwa semua pemain dapat menikmati permainan yang adil, sehingga spesifikasi permainan tidak akan menjadi sistem ‘Pay to Win’ di mana elemen berbayar akan menentukan siapa yang menang atau kalah dalam pertandingan.”

Cross Platform dan Kebebasan Bermain Untuk Semua Gamers

Tidak seperti FIFA 22, eFootball memungkinkan seluruh gamers dapat bermain dengan teman di platform mana pun mereka berada, termasuk platform mobile.

Kimura mengatakan bahwa tim developer eFootball akan bekerja semaksimal mungkin dalam memberikan pengalaman eFootball yang maksimal untuk seluruh platform baik PC, konsol maupun mobile.

Ia menambahkan berbagai fitur yang mendukung platform mobile seperti optimisasi koneksi internet dan Controller Support. Kimura berjanji bahwa pemain dapat memainkan eFootball hanya dengan koneksi mobile 4G/5G saja dan dalam kondisi apapun.

“Ya, bermain online bisa menggunakan koneksi 4G atau 5G,”

“Kami sedang mengembangkan dan menyesuaikan sehingga perbedaan dalam kualitas komunikasi tergantung pada lingkungan tempat Anda bermain akan berdampak sesedikit mungkin pada gameplay.”

 

Buat kalian yang semakin penasaran soal eFootball, harap sabar karena diprediksi Konami akan merilis eFootball pada awal musim gugur, tepatnya di bulan September 2021 nanti. eFootball bisa kalian mainkan lewat berbagai platform mulai dari PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S dan mobile.

author avatar
Safri Iqbal
Penggemar Dota 2 dan JRPG. Sosok manusia yang terlalu bodoh untuk menyerah. Pengikut setia serial game Final Fantasy, Shin Megami Tensei, The Legend of Heroes dan Ys.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: