Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Tak sedikit orang yang suka memainkan game dengan genre racing, terutama dengan genre racing-simulation. Bagi kalian yang menginginkan impresi balapan seperti di dunianyata, ataupun sekedar meningkatkan skill mengendarai mobil kalian. Berikut merupakan rekomendasi 7 game racing simulation yang harus kalian coba di PC kalian.

 

1. iRacing

Top list sudah dapat dipastikan iRacing, game ini sebenarnya sudah ada semenjak tahun 2008 dan hanya ekslusif di PC. Game ini menggunakan metode subscription (89 ribu rupiah untuk sebulan; 270 ribu rupiah untuk 6 bulan; 460 ribu rupiah untuk 12 bulan) untuk membelinya, dan di dalamnya pun terdapat beberapa mobil dan track yang bisa dibeli secara terpisah lagi. Singkatnya, game ini cukup mahal untuk dibeli secara keseluruhan.

Ada harga, ada rupa bukan?. Nah, pepatah itu dapat diimplementasikan di game ini, dikarenakan game ini sebenarnya juga digunakan oleh pembalap (nyata) untuk melakukan latihan balapan mobil. Di game ini pula detail “Physics”-nya sangat mendetail, saking mendetailnya, kalian mau tidak mau harus investasi steering wheel di game ini, jikalau tidak, lebih baik lirik game yang lebih “Memaafkan” atau tidak sedetail ini.

 

2. rFactor 2

list selanjutnya, rFactor 2. Bisa dikatakan game racing satu ini kurang tenar di kalangan gamer Indonesia. Game ini sudah ada semenjak tahun 2012, walaupun jadul game ini masih sangat realistis. Untuk gamenya cukup murah dengan harga 150 ribu rupiah, jikalau diskon bisa diantara 80 ribu ripiah hingga 90 ribu rupiah, hanya saja game ini DLC nya harganya cukup menguras dompet.

Alasan game ini masuk list. Karena, sering penulis lihat game ini dijadikan sarana e-sport racing simulation di Indonesia, contoh HM Endunesia 2021 menggunakan game ini, dimana ajang ini disupport oleh Ikatan Motor Indonesia dan P1 Akademi Digital Motorsport Indonesia.

 

3. Assetto Corsa

Game simulation racing yang sangat populer di komunitas enthusiast racing simulation. Asseto Corza bukan tanpa alasan bisa jadi sangat populer di kalangan komunitas. Asseto Corza ini sangat banyak mod yang bisa kalian bisa pasang tanpa harus mengorbankan sisi racing simulation-nya, ditambah game ini juga murah yang menjadikan game ini sangat layak untuk dibeli bagi pemula yang ingin mencoba icip icip racing simulation. harga game ini di sekitar 109 ribu rupiah, dan ketika diskon harga menjadi sekitar 60 ribu rupiah.

 

4. Asseto Corsa Competizione

Lagi dan lagi, Asseto Corsa Competizione ini juga sangat wajib dicoba bagi kalian yang termasuk “Fanboy” kelas GT3 dan GTE. ya, karena pada dasarnya mereka lebih memfokuskan konten GT Series dibandingkan. Banyak orang mengatakan game ini punya detail yang fantastis, mulai detail dari interior hingga physics tracknya. Namun penulisngnya, game ini kurang ramah spesifikasi PC, bisa dikatakan game ini berat. dan harganya berkisar 450 ribu rupiah untuk base gamenya. Seengganya tidak semahal iRacing.

 

5. WRC 9

Ingin bermain kotor kotoran dengan mobil WRC? tentu saja kalian harus melirik game yang satu ini. Jikalau urusan Rally, WRC 9 ini salah satu terbaik, dengan menghadirkan track official dari WRC dan mobil official dari WRC (seperti Yaris WRC 2020) membuat game ini sangat cocok bagi yang fanboy WRC series. Disamping itu, tingkat detail dari game ini termasuk tinggi (grafis maupun physics). Sama seperti iRacing, jikalau kalian tidak punya steering wheel, disarankan memainkan game yang lebih “Memaafkan” dibanginkan ini.

 

6. Dirt Rally 2.0

Dirt Rally 2 ini merupakan alternatif dari WRC 9. Jikalau kalian lebih “Open minded” atau tidak terlalu fanboy dan lebih mementingkan konten, ini sangat layak untuk dimainkan. Kekurangan yang penulis dapatkan dari game ini hanya pada tidak adanya konten WRC saja, dan itu wajar dikarenakan WRC class dan track hanya ekslusif dari game seri WRC. jikalau dibandingkan dengan WRC 9, mana lebih realistis? jawaban singkat penulis. sama saja, hanya ada beda pada konten itu kecil itu saja bedanya.

 

7. F1 2020

Ingin game Formula 1 dengan genre racing simulation?, ga perlu mikir panjang, ambil langsung F1 2020. Game ini memang didedikasikan bagi kalian pecinta balap formula, banyak konten formula disini. Tapi jikalau kalian mengharapkan benar benar formula racing simulation, mungkin bukan game yg terbaik tapi ini game setidaknya lebih “Memaafkan” jikalau kalian tidak mempunyai steering wheel, tapi memang lebih direkomendasikan untuk menggunakan steering wheel dan pedal tentu saja untuk memainkan ini.

 


Honorable Mention untuk Project Cars 2

Game ini bisa saja penulis rekomendasikan ke dalam list tersebut, game ini punya konten yang banyak sekali, dan harga dari game ini relatif lebih murah dibandingkan yang lainnya (ketika diskon). Game ini bisa disebutkan ke dalam racing simulation dikarenakan physics di game ini cukup akurat, misalnya jikalau kalian drafting mobil lain mesin mobil kalian bisa lebih cepat panas dibandingkan sebelumnya namun lebih cepat. Lalu sound design di game ini cukup rapih hanya ada sedikit kurang mendetail

Hanya saja, yang menurut penulis, yang membuat game ini tidak jadi masuk ke dalam list adalah ketika kalian mengkombinasikan kelas mobil dengan track yang kalian gunakan, physics di game ini bisa jadi agak hancur, dan track “Imaginer” di game ini physics nya kurang dibandingkan track yang memang ada di dunia nyata.

Share yuk !